1 Oktober, Harga Premium Diprediksi Turun dan Solar Naik

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 22 Sep 2016 17:11 WIB
harga bbm
1 Oktober, Harga Premium Diprediksi Turun dan Solar Naik
Ilustrasi. (FOTO: MI/Atet Dwi Permata)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan akan ada perubahan pada harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar pada 1 Oktober 2016.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mengatakan, penetapan harga BBM tersebut dievaluasi per tiga bulan. Berdasarkan kondisi harga minyak dan rata-rata tiga bulan terakhir, diperkirakan harga Premium akan turun dan harga solar akan naik.

"1 Oktober (ditetapkan), per tiga bulan kita evaluasi, ada dari rata-rata tiga bulan terkair ada perubahan sedikit. Premium turun, solar naik," kata Wirat saat ditemui di Kantor Parlementer, Senayan, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Sementara untuk besaran perubahan harga tersebut akan dibicarakan terlebih dahulu oleh Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan. Namun, menurut perhitungannya, perubahan itu berada di kisaran Rp300 sampai Rp500 per liter.

"Harga nanti kita diskusikan dulu ke pak menteri nanti kebijakannya seperti apa. Tapi dari harga minyak dunia kita hitung semuanya premium turun solar naik. Kisarannya antara Rp300 sampai Rp500 per liter, itu lah fluktuasinya. Naik turunnya rata-rata sekitar segitu," jelas Wirat.

Wirat menambahkan, perubahan harga tersebut belum pasti karena menunggu 25 September 2016. Setelah itu, baru bisa ditentukan harga kedua BBM tersebut berapa. "Kan harus tunggu tanggal 25‎ bulan ini dihitung totalnya jadi berapa," ujar dia.

Sekadar inforamasi, harga premium penugasan saat ini Rp6.450 per liter dan Solar Rp5.150 per liter.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA