Menkeu Belum Tahu Kerugian Pertamina Akibat BBM Satu Harga

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 06 Dec 2017 18:33 WIB
bbm satu harga
Menkeu Belum Tahu Kerugian Pertamina Akibat BBM Satu Harga
Menkeu Sri Mulyani. Antara/Sigid Kurniawan.

Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati belum bisa memastikan solusi yang tepat bagi PT Pertamina (Persero) terkait kerugian yang ditanggung perusahaan energi nasional tersebut.   Sebab, dirinya mengaku belum membaca surat dari Pertamina yang menyatakan kerugian tersebut.

"Saya belum melihat suratnya," kata Ani, sapaan akrabnya, ditemui di kantor pusat Ditjen Pajak, Jakarta Pusat, Rabu 6 Desember 2017.

Lagi pula, untuk memutuskan solusi, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan pihaknya akan terlebih dahulu melihat surat permintaan dari Pertamina serta mencocokkan fakta atau alasan perlunya penyesuaian.

"Kami akan lihat kalau itu adalah permintaan Pertamina, (kalau) suratnya sudah sampai di saya, fakta-faktanya mendukung ya nanti saya akan terima kalau sudah menerima surat Pertamina," jelas dia.

Sebelumnya, Pertamina menyampaikan kepada Komisi VII DPR-RI bahwa dengan menjalankan program BBM satu harga yang tesebar di 150 titik di seluruh Indonesia akan membebankan Pertamina sampai Rp3 triliun setiap tahunnya. Banyak ongkos yang dibebankan oleh perseroan seperti ongkos operasional, produksi, serta ongkos distribusi program BBM satu harga tersebut.

Di tahun pertama penerapan BBM satu harga, Pertamina mencatat dari 54 penyalur sudah merogoh Rp280 miliar. Angka ini akan terus bertambah dengan penambahan jumlah titik wilayah BBM satu harga yang dicanangkan pemerintah.

Tahun depan contohnya, ketika ada 104 titik penyalur diperkirakan Pertamina mengeluarkan uang operasional Rp1,3 triliun setiap tahun. Kemudian pada 2019 secara bertahap beban akan bertambah. Pada 150 titik diperkirakan beban yang ditanggung Pertamina mencapai Rp3 triliun.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA