PLN Klaim Rasio Elektrifikasi Rokan Hulu Capai 48%

   •    Senin, 28 Nov 2016 13:19 WIB
pln
PLN Klaim Rasio Elektrifikasi Rokan Hulu Capai 48%
Ilustrasi PLN (FOTO ANTARA/Zabur Karuru)

Metrotvnews.com, Pekanbaru: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) Wilayah Riau dan Kepulauan Riau mengklaim rasio elektrifikasi yang telah terlayani di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sudah mencapai sebesar 48 persen. PLN terus berupaya mengaliri listrik ke seluruh wilayah di Indonesia.

"Untuk rasio elektrifikasi (rumah tangga berlistrik) di Rohul kini sudah capai angka 48,9 persen," kata Manajer SDM dan Umum PLN Wilayah Riau dan Kepri Dwi Suryo Abdullah, seperti dikutip dari Antara, di Pekanbru, Senin (28/11/2016).

Menurutnya, kondisi itu tidak terlepas dalam upaya mendukung program percepatan pemerataan listrik oleh pemerintah terhadap wilayah atau desa yang belum teraliri listrik. Tercatat, wilayah Rohul merupakan satu daerah dan masih terisolasi baik sistem transmisi atau berada di luar sistem jaringan interkoneksi Sumatera.

Baca: Lemahnya Daya Beli Pengaruhi Konsumsi Listrik PLN

Bersama tiga daerah di wilayah pesisir Riau, lanjutnya, yakni Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Indragiri Hilir. "Empat daerah itu kita berlakukan sistem isolated. Atau sitem ini yang mengatur pendistribusian listrik, di wilayah tersebut sendiri," tuturnya.

Romi Harmiko, teknisi PLN Rayon Pasir Pengaraian, Rohul, mengaku, pihaknya terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi di wilayah kabupaten itu dan kini masih belum mencapai 60 persen. Dia menjelaskan, saat ini ketersedian daya listrik yang dialirkan PLN setempat untuk berbagai wilayah di Rohul total baru sekitar 30 Megawatt (MW).

Baca: PLN akan Impor 40 Alat Penarik Listrik dari Italia

"Tapi kita dapat pasokan tambahan daya listrik sebesar 20 MW dari PLN wilayah dan ditargetkan jelang akhir tahun ini sudah terealisasi," terangnya, seraya menambahkan penambahan daya listrik total 20 MW tersebut, sebanyak 15 MW di antaranya sedang dalam proses pengerjaan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel baru di Tanjung Belit.

 


(ABD)