PGN Optimistis Konsumsi Gas Meningkat Adanya JIIPE

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 08 Mar 2018 21:08 WIB
perusahaan gas negara (pgn)
PGN Optimistis Konsumsi Gas Meningkat Adanya JIIPE
PGN (ANT/Saiful Bahri).

Jakarta: PT Perusahan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) optimistis konsumsi gas di Jawa Timur akan meningkat dengan adanya Kawasan Industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

Pada Selasa, 6 Maret 2018 PGN PGN menyalurkan gas bumi perdana (initial gas in) ke Kawasan Industri JIIPE yang diterima oleh PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) sebagai pengelola Kawasan Industri JIIPE.

“Initial gas in ini merupakan komitmen PGN untuk memperluas penyaluran gas bumi kepada masyarakat dan industri,” kata Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama dalam keterangan tertulisnya, Kamis 8 Maret 2018.

Rachmat mengatakan, suplai gas ke BKMS ini pada tahap awal akan digunakan untuk mengoperasikan pembangkit listrik dan menyuplai industri kimia yang sudah beroperasi, yakni PT Clariant Indonesia.

“Selanjutnya konsumsi akan meningkat karena setiap ada penambahan industri baru maka pemakaian gas akan bertambah,” ujar dia.

JIIPE merupakan kawasan industri jenis generasi ketiga yang sejak awal pengembangannya digadang-gadang oleh pemerintah. Kawasan industri ini direncanakan bakal menjadi kota industri mandiri. Di kawasan industri ini nantinya tidak hanya bakal dibangun pabrik-pabrik industri saja, melainkan sarana lainnya seperti kawasan pemukiman, bisnis, pendidikan, hiburan, dan olahraga.Rencananya, Presiden Joko Widodo Jumat 9 Maret 2018 akan meresmikan kawasan industri ini.

Dengan pertumbuhan kawasan industri generasi ketiga ini, PGN optimistis permintaan pasokan gas akan bertambah. Konsumsi gas dipastikan terus meningkat seiring semakin banyaknya industri yang masuk dan beroperasi di kawasan industri terintegrasi yang di bangun oleh anak perusahaan PT Pelindo III, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) bersama PT AKR Corporindo Tbk. tersebut.

Rachmat mengatakan, penyaluran gas bumi ke kawasan industri ini merupakan salah satu aksi nyata Perseroan untuk menyebarluaskan manfaat gas bumi. Apalagi, saat ini ekonomi Indonesia tengah kembali bangkit.

“Untuk itu PGN akan berupaya maksimal untuk terus bekerja menjaga ketersediaan pasokan gas bumi sambil memperluas jangkauan infrastruktur gas dan penyaluran gas bumi agar pertumbuhan ekonomi semakin meningkat,” pungkas dia.


(SAW)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

3 hours Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA