5% Penduduk Banten Belum Menikmati Listrik

Farhan Dwitama    •    Kamis, 30 Nov 2017 17:12 WIB
listrik
5% Penduduk Banten Belum Menikmati Listrik
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Tangerang: PLN Regional Jawa Bagian Barat fokus untuk meningkatkan distribusi listrik ke 130 ribu KK se-Banten. Sebab, lima persen dari penduduk Banten itu belum menikmati listrik di rumahnya.

Direktur PLN Regional Jawa Bagian Barat Haryanto WS mengungkapkan 130 ribu KK itu mendiami Kabupaten Pandeglang dan Lebak. “Umumnya karena mereka tak mampu membayarnya,” terang Haryanto, di BSD, Kabupaten Tangerang, Kamis, 30 November 2017.

Distribusi listrik ke keluarga tak mampu ini terkendala aturan. Sebab mereka tidak masuk dalam daftar TNP2K (tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan).

Untuk itu PLN bersama Pemerintah Daerah dan swasta berupaya untuk meningkatkan akses listruk ke masyarakat yang umumnya tinggal di dusun.

"Bisa membantu mereka melalui dana CSR, Dana Desa. Sehingga mereka masuk dalam daftar TNP2K yaitu keluarga yang berhak mendapatkan subsidi, jadi ini akan kita bedah lebih lanjut,” ucap dia.

Gubernur Banten bersama PLN Distribusi Banten juga telah berkomitmen untuk menuntaskan persoalan tersebut, dalam dua tahun ke depan. Ditargetkan semua masyarakat Banten sudah menikmati listrik dalam waktu dua tahun.


(SUR)