Komut Pertamina: Ada Perubahan Struktur

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 13 Feb 2018 10:59 WIB
pertamina
Komut Pertamina: Ada Perubahan Struktur
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Tanri Abeng. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Jakarta: Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Tanri Abeng membenarkan akan ada pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina hari ini.

"Ya undangannya begitu," kata Tanri, ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa, 13 Februari 2018.

Mengenai pergeseran atau perombakan direksi dalam manajemen perseroan, Tanri mengatakan, belum tahu pasti. Namun, ia menjelaskan, salah satu poin yang akan dibahas dalam RUPS hari ini adalah mengenai studi perubahan struktur direksi.

"Kalau studinya, itu perubahan struktur. Biasanya kalau ada struktur diubah susunannya juga berubah," jelas dia.

Tanri menyambangi Gedung Kementerian BUMN sekitar pukul 10.28 WIB. Dia datang atas undangan Pertamina untuk melakukan RUPS.

Sebelumnya diwartakan Pertamina akan kembali merombak struktur direksi. Kementerian BUMN membenarkan akan ada pelaksanaan RUPS di Kantor Kementerian BUMN. Berdasarkan informasi yang didapatkan Medcom.id, RUPS akan berlangsung sekitar pukul 12.00 WIB. Namun sayangnya akan digelar tertutup.

"Katanya ada RUPS (Pertamina) pukul 12-an tapi tertutup," ujar salah satu humas Kementerian BUMN, kepada Medcom.id, saat ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa, 13 Februari 2018.

Kabar yang beredar akan ada penambahan direksi dan pergeseran kursi direksi dalam jajaran struktur perusahaan. Nicke Widyawati yang sebelumnya menjadi Direktur SDM akan digadang menjadi Direktur Perkapalan.

Kemudian ada juga dua nama baru yang akan menduduki kursi direksi yaitu Alex J Sinaga dan Insan Purwasya Tobing. Saat ini, keduanya adalah direktur utama di perusahaan BUMN.

Alex J Sinaga sekarang ini tercatat sebagai Direktur Utama PT Telkom (Persero), dan akan didaulat menjadi Direktur Marketing dan Retail. Sementara Insan Purwarisya L Tobing yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelni) akan menjadi Direktur SDM menggantikan Nicke.

Namun demikian, saat Medcom.id mencoba mengonfirmasi kepada Alex dan Nicke, mereka belum menjawab perihal tersebut hingga tulisan ini dimuat.


(AHL)