Penyederhanaan Golongan Pelanggan Listrik Nonsubsidi Diputuskan Presiden

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 30 Nov 2017 16:39 WIB
tarif listrik
Penyederhanaan Golongan Pelanggan Listrik Nonsubsidi Diputuskan Presiden
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan penyederhanaan kelas golongan pelanggan listrik nonsubsidi dengan menaikkan daya listrik secara gratis menunggu keputusan Presiden Joko Widodo.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan saat ini pemerintah bersama PT PLN (Persero) tengah melakukan survei dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai rencana tersebut. Pemerintah juga tidak akan terburu-buru dalam membuat kebijakan itu.

Adapun dari survei dan sosialisasi ini, pemerintah meminta pendapat dari masyarakat sebagai pengguna langsung. Setelah itu keputusannya ada di tangan Presiden.

"Intinya gini, kita akan tetap pada tahap menampung aspirasi masyarakat, diskusi, terus rekan media juga dimintai pendapat. Ini belum dijalankan kok. Jalankan atau tidak, nanti keputusannya ada di Presiden," kata Jonan di Hotel Sari Pan Pasific, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis, 30 November 2017.

Ia menjelaskan, rencana ini bertujuan bukan untuk menutupi kerugian PLN tetapi memfasilitasi masyarakat yang selama ini kesulitan meningkatkan daya. Apalagi biaya penambahan daya tidak murah.

"Bukan. Misalnya sekarang, orang kan kalau mau menambah daya kan bayar sekarang. Nah ini ditawarkan gratis. Ini sukarela kok. Tidak mau juga tidak apa-apa," jelas dia.

Selain itu, rencana ini juga akan mendukung masyarakat yang ingin memulai berbisnis seperti Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Pemerintah menjanjikan peningkatan daya ini tidak serta merta menaikan tarif dan abodemen listrik.

"Kedua, ini kan zamannya sudah makin lama makin berubah menggunakan teknologi itu, kalau langganan 900 va 1300 va, kalau mau punya usaha UKM itu kan susah. Ini loh yang penting itu. Asal tarifnya tapi naik, biaya abodemen tidak naik. tapi ini masih disosialisasi terus," pungkas dia.

 


(AHL)