Kemendag Siap Keluarkan Surat Persetujuan Ekspor Freeport

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 04 Jan 2018 16:56 WIB
freeport
Kemendag Siap Keluarkan Surat Persetujuan Ekspor Freeport
Freeport (MI/AGUS MULYAWAN).

Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) siap mengeluarkan Surat Persetujuan Ekspor (SPE) kepada PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk kegiatan ekspor konsentrat komoditas tembaga.

Hal itu dikatakan Direktur Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Oke Nurwan jika PTFI sudah terlebih dahulu mengantongi rekomendasi ekspor dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Kalau kita tidak masalah, selama ada rekomendasi ekspor dari ESDM," ucap Oke saat ditemui di Kantor Kemendag, Jalan MI Ridwan Rais, Jakarta, Kamis, 4 Januari 2018.

Oke mengibaratkan Kemendag sebagai pintu. Jika semuanya data dan persyaratan telah dilengkapi, maka Kemendag akan membukakan pintu dengan mengeluarkan SPE tersebut.

"Selama ada rekomendasi langsung kita keluarin, karena kita hanya menjaga pintu. Ada Besarannya, dan lain-lain," tutup Oke.

Seperti diketahui, PTFI menyatakan dalam waktu dekat akan mengajukan rekomendasi ekspor konsentrat tembaga yang baru kepada pemerintah.

Juru Bicara PTFI Riza Pratama menjelaskan setelah diraihnya Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sementara pada 28 Desember 2017, perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu akan segera mengajukan kembali rekomendasi ekspor periode berikutnya.

"Akan mengajukan rekomendasi ekspor," kata Riza kepada Medcom.id, Rabu 3 Januari 2018.

Sebelumnya, PTFI menerima rekomendasi persetujuan ekspor untuk produk pertambangan hasil pengolahan berupa konsentrat tembaga dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 17 Februari 2017 sebesar 1.113.105 WMT. Rekomendasi ekspor itu berlaku sampai 18 Februari 2018.

Berdasarkan data terakhir yakni Oktober 2017, realisasi ekspor konsentrat tembaga PTFI sebesar 684.333 ton.





(SAW)