PLN Lakukan Pengamanan Listrik GBK hingga Lima Lapis

Kautsar Widya Prabowo    •    Selasa, 10 Jul 2018 15:15 WIB
pln
PLN Lakukan Pengamanan Listrik GBK hingga Lima Lapis
Kepala Divisi Operasi Regional JBB Bima Putrajaya (tengah). Medcom/Kautsar Bobby.

Jakarta: PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB) siap mengamankan jalannya Asian Games 2018, terutama dalam menjaga pasokan listrik di wilayah Gelora Bung Karno (GBK). Pengamanan akan dilakukan dengan lima lapis.

Kepala Divisi Operasi Regional JBB Bima Putrajaya menjelaskan PLN mendukung daya tambahan di beberapa tempat yang dibutuhkan untuk Usaha Kecil Menengah (UKM), dapur, dan penjualan tiket.

"Sudah back-up lima lapis sampai ke titik venue di mana acara itu berlangsung pembukaan dan penutupan ceremony di GBK," ujarnya usai melakukan kesiapan apel Asian Games  di APP Cawang, Jakarta, Selasa, 10 Juli 2018.

Ia menambahkan lima lapis sistem tersebut membuat antisipasi adanya salah satu gardu yang mengalami gangguan dapat diminimalisir, terlebih dengan penambahan penggunaan genset dan uninterruptible power supply (UPS).

"Kalau gardu satu hilang, gardu satunya masuk, terus ditambahkan genset, juga punya UPS yang kita pasang untuk VVIP 2x2500 untuk VIP timur dan 2x500 untuk VIP barat yang digunakan oleh tamu-tamu eksekutif dan tamu kepresidenan," tambahnya.

Selain itu, tidak hanya GBK yang mendapatkan pengamanan listrik berlapis, wisma atlet juga mendapatkan pengamanan sebanyak tiga lapis.

"Atlet village kita juga menyiapkan back-up tiga lapis di sistem itu termasuk genset yang kita pasang di sana," imbuhnya.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan khusus untuk GBK terdapat kenaikan konsumsi listrik dua kali lipat dibandingkan hari biasa. Meski demikian tidak ada dampak konsumsi yang siginifikan secara nasional.

"Di GBK itu dua kali lipat dari yang normalnya. Kita siapkan genset saja untuk back-up itu sekitar 10 megawatt (mw), untuk GBK daya yang terpasang itu 11 ribu Mega Volt Ampere (MVA) daya kontrak. Tapi back-up nya sudah disiapkan sekitar 10 mw," pungkasnya.

 


(SAW)


Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

Merpati akan Beroperasi Lagi 2019

7 hours Ago

PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) yang sejak 1 Februari 2014 berhenti beroperasi akibat k…

BERITA LAINNYA