Pemerintah Didesak Prioritaskan Pengembangan Energi Baru

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 10 Aug 2017 14:44 WIB
berita dpr
Pemerintah Didesak Prioritaskan Pengembangan Energi Baru
Agus Hermanto (kiri). Foto: MI/M. Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mendesak pemerintah memprioritaskan pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) khususnya panas bumi. Indonesia memiliki potensi cukup besar untuk pengembangan EBT.

Agus menyampaikan, potensi energi panas bumi mencapai 30 giga watt. Saat ini baru 5% energi panas bumi yang digarap atau sekitar 1.700 megawatt.

"Pemerintah harus lambat laun meninggalkan fuel dan batubara dengan menguatkan energi baru dan terbarukan seperti geothermal (panas bumi), hidro dan arus laut, serta panel surya," kata Agus dalam keterangan tertulis, Kamis 10 Agustus 2017.

Agus menyampaikan, tujuan kunjungannya ke beberapa negara antara lain untuk mempelajari pemanfaatan geothermal standar dunia.

Saat ini, Agus mengunjungi Iceland Geothermal (ISOR) di Islandia. Sebelumnya, Agus juga melihat pengembangan energi panas bumi di Selandia Baru.

"Memang kita belum punya riset geothermal, karena itu kita akan bangun embrio pusat riset geothermal. ISOR merupakan pusat penelitian panas bumi yang cukup besar, dikelola pemerintah daerah," tandas Agus.


(TRK)