Tiga SPBU Palu dan Sigi Rusak Berat

Surya Perkasa    •    Selasa, 09 Oct 2018 15:21 WIB
pertaminaspbuGempa Donggala
Tiga SPBU Palu dan Sigi Rusak Berat
Warga mengantre BBM di SPBU, Palu, pada Minggu 30 September, pascabencana -- Foto: Antara/ Muhammad Adimaja

Palu: Tiga dari 36 SPBU di Palu, Sigi serta Donggala, Sulawesi Tengah, rusak berat dan belum bisa beroperasi. Tiga SPBU tersebut adalah SPBU Mamboro, SPBU Cumi-Cumi, Palu, dan SPBU Sigi.

Direktur Retail dan Pemasaran PT Pertamina Persero Masud Khamid menuturkan SPBU Mamboro beroperasi minggu ini karena menunggu pengganti dispenser pompa.

Sementara itu, SPBU Cumi-Cumi tak dioperasikan karena tak lagi dilewati penduduk lantaran berdekatan dengan Jembatan Ponulele (Jembatan Empat) yang runtuh saat gempa. Dua tangki dispenser kemudian diletakkan di SPBU Imam Bonjol untuk menggantikan fungsi SPBU Cumi-Cumi.

"SPBU Sigi, tidak bisa dipakai karena ada di jalur sesar. Tangki pendamnya itu sampai terangkat. Khusus SPBU Sigi lebih efisien pindah lokasi," katanya usai meninjau beberapa SPBU di Palu, Sulteng, Selasa, 9 Oktober 2018.

Selanjutnya, operasional SPBU Sigi diperbantukan lewat SPBU Dewi Sartika. Mobil tangki dispenser berkapasitas sama dengan SPBU Sigi diletakkan di SPBU Dewi Sartika.

Pertamina juga mengoperasikan SPBU eceran untuk disebar ke daerah yang aksesnya terputus. Diharapkan, bantuan BBM ini dapat digunakan untuk kebutuhan warga di daerah tersebut.

"Kita naikkan ke kapal, kemudian kita serahkan ke Pak Camat sebagai bentuk CSR Pertamina. Ini untuk dimanfaatkan untuk kebutuhan penerangan dan infrastruktur layanan," kata dia.


(Des)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

2 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA