BPH Lelang 2 Ruas Pipa Trans Kalimantan April 2019

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 19 Dec 2018 20:12 WIB
pipa jaringanbph migas
BPH Lelang 2 Ruas Pipa Trans Kalimantan April 2019
Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa. Medcom/Annisa Ayu.

Samarinda: Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) akan melelang dua ruas pipa trans Kalimantan pada April 2019.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan, sebelumnya ruas Kalimantan Timur ke Kalimantan Selatan sudah dilelang dan dimenangkan oleh PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR). Saat ini terdapat beberapa ruas transmisi trans Kalimantan yang harus dibangun dan dilelang lagi.

Ruas tersebut adalah ruas Pontianak-Palangkaraya yang menghubungkan provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan sepanjang serta 1.018 km Palangkaraya-Banjarmasin yang menghubungkan provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan sepanjang 192 km.

"Kemudian pipa yang ada Kalsel ke Kalteng sampai Kalbar ada 1.300 km belum ada pemiliknya. Nah ini BPH akan melelang," kata Fanshurullah di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu 19 Desember 2018.

Fanshurullah menyebutkan, saat ini sudah ada dua badan usaha yang menyatakan minat mengikuti lelang tersebut. Sesuai aturan yang berlaku, BPH Migas akan mengatur konsesi dan toll fee untuk lelang ruas-ruas tersebut.

"Kami bocorkan sudah ada dua badan usaha yang mengajukan ke  BPH migas," ucap Fanshurullah.

Ditemui ditempat yang sama, Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajogio mengatakan, BPH Migas akan menjamin tingkat efisiensi dalam suatu investasi atau Internal Rate Return (IRR).

 BPH akan menghitung belanja modal (capital expenditure/capex) dan belanja operasional (operasional expenditure/opex) sehingga tau berapa besar IRR-nya.

"Kami menjamin toll fee untuk pengembalian investasinya," jelas dia.

Lebih lanjut BPH Migas juga akan memastikan, badan usaha yang akan membangun dan mengoperasikan pipa distribusi gas akan memiliki konsesi niaga 30 tahun. Sehingga badan usaha itu akan menjadi pemain tunggal untuk mendistribusikan gas ke wilayah tersebut.

"Pipa distribusi, konsesi niaganya 30 tahun kami jamin capex opex biaya penyaluran mere-coveri investasi yang ditanamkan. 30 tahun ini sebagai pemain tunggal tidak boleh ada yang mengganggu distribusi di wilayah tertentu," tutur Jugi. Rencananya BPH Migas lelang pipa ini akan dilakukan April-Mei tahun depan.


(SAW)


PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

2 days Ago

Perlakuan pengenaan pajak pendapatan nilai (PPN) untuk avtur bagi penerbangan domestik di Indon…

BERITA LAINNYA