KESDM: Tak Masalah Divestasi Freeport Lewat Akuisisi Rio Rinto

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 11 Jan 2018 18:26 WIB
korupsi di esdm
KESDM: Tak Masalah Divestasi Freeport Lewat Akuisisi Rio Rinto
Freeport (MI/AGUS MULYAWAN).

Jakarta: Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM menyatakan tak masalah divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI) sebesar 51 persen dilakukan dengan cara akuisisi.

Saat ini, pemerintah sedang mengambil participating interest (PI)  dari PT Rio Tinto. Rio Tinto merupakan perusahaan yang bekerjasama dengan PTFI dalam mengelola tambang Grasberg, di mana perusahaan asal Austraila itu memiliki hak 40 persen terhadap produksi PTFI. Pemerintah ingin agar 40 persen hak tersebut dikonversi menjadi saham yang nantinya bisa diakuisisi oleh pemerintah.

Dirjen Minerba Bambang Gatot Ariyono mengaku memang cara tersebut terkesan berbelit-belit, namun tak masalah selama tujuannya agar pemerintah mendapatkan divestasi 51 persen.

"Apakah itu jalan memutar, menurun, sebetulnya prinsipnya adalah pemerintah mendapatkan 51 persen, karena sebetulnya apakah itu namaya PI akan jadi saham, tergantung," kata Bambang di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Januari 2018.

Selama ini saham yang ada di PTFI terdiri dari saham Freeport McMoran sebesar 81,28 persen, PT Indocopper Investama (perusahaan berbadan hukum Indonesia yang 100 persen dimiliki) sebesar 9,36 persen dan saham pemerintah Indonesia sebesar 9,36 persen.

Nantinya, ketika saham, tersebut dikonversi, maka akan ada perubahan presentase saham di PTFI yakni Rio Tinto sebesar 40 persen, Freeport McMoran sekitar 48,76 persen, dan PT Indocopper Investama sebesar 5,6 persen.

Bambang menambahkan yang terpenting dalam semua cara yang ditempuh ada kesepakatan yang disertakan, maka tak ada masalah.

"Kalau sepakat, kenapa tidak? Kan bisa saja. Jadi tidak ada masalah, yang penting 51 persen kewajiban terpenuhi," pungkas dia.




 


(SAW)


Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

Solusi Rangkap Jabatan BP Batam Dinilai Melanggar UU

3 days Ago

Keputusan pemerintah melebur BP Batam ke Pemerintah Kota Batam mendapat respons dan tanggapan b…

BERITA LAINNYA