DEN: Tiga Jenis Kendaraan tak Cocok Pakai B20

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 12 Oct 2017 13:32 WIB
biofueldewan energi nasional
DEN: Tiga Jenis Kendaraan tak Cocok Pakai B20
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dewan Energi Nasional (DEN) menyampaikan penerapan minyak solar yang bercampur dengan minyak sawit 20 persen atau B20 sampai saat ini masih terkendala. Beberapa mesin kendaraan yang disasar menggunakan B20 ternyata tidak cocok.

Mulanya, penerapan B20 menyasar segala jenis kendaraan. Namun Anggota DEN Syamsir Abduh menyebutkan, untuk mesin alat berat, lokomotif kereta, dan alutsista tidak cocok menggunakan B20.

"Mengenai biodiesel terutama penerapan B20 masih ada kendala terutama untuk kendaraan alat berat. Kemudian kalau otomotif kendalanya relatif tidak sebesar yang saya sebutkan. Kemudian ada keberatan dari alutsista dan lokomotif untuk terapkan B20," jelas Syamsir di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis 12 Oktober 2017.

Anggota DEN lainnya, Achdiat Atmawinata menambahkan, penyebab kendaraan tempur atau alutsista belum menggunakan B20 karena khawatir mengganggu kinerja mesin. Ia menuturkan, untuk menggunakan B20 pada kendaraan tempur perlu dilakukan uji coba terlebih dahulu, termasuk teknik pencampurannya.

"Prinsipnya namanya engine harus dites. Juga teknik blending-nya tidak asal campur. Juga nanti masuk di ruang bakarnya secara simultan harus dicampur," tutup Achdiat.

 


(AHL)