Mundur Lagi, PLN Terbitkan Global Bonds di Pertengahan Tahun

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 17 Mar 2017 17:49 WIB
pln
Mundur Lagi, PLN Terbitkan Global <i>Bonds</i> di Pertengahan Tahun
Dirut PLN Sofyan Basir. (ANTARA FOTO/M Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PLN (Persero) mengaku akan memundurkan jadwal penerbitan surat utang global (global bonds). Sebelumnya perusahaan plat merah berencana menerbitkan obligasi sebesar USD1,5 miliar pada April tapi kemudian diubah menjadi pada pertengahan tahun ini.

"(Obligasi) segera kita jalan di Juli-Agustus. Akan ada jaminan negara kalau PLN (yang menerbitkan)," kata Direktur Utama PLN Sofyan Basir di Kantor Pusat PLN, Jakarta Selatan, Jumat 17 Maret 2017.

Padahal sebelumnya, penerbitan surat utang global PLN ini telah mengalami kemunduran, di mana posisi awalnya akan diterbitkan di kuartal I-2017. Dengan adanya kemunduran tersebut, maka komitmen perseroan akan terlaksana di kuartal III tahun ini.

Baca: April 2017, PLN Terbitkan Global Bonds USD1,5 Miliar

Kemunduran penerbitan sebelumnya, kata Sofyan, karena PLN telah meraih Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp23,6 triliun, dan subsidi yang masuk sebesar Rp10,9 triliun. Sehingga dana tersebut sangat cukup digunakan untuk PLN.

Untuk merealisasikan penerbitan global bonds, lanjut Sofyan, perseroan belum menunjuk penjamin emisi (underwriter). "Belum (menunjuk), agak mundur, karena kami baru dapat uang kemarin," tegas Sofyan.

Penerbitan obligasi global demi membiayai investasi transmisi pembangkit listrik dan sarana pendukung lainnya. Mengingat, pembiayaan investasi tersebut sangat besar.


(AHL)

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional
Sevel Tutup

Bank Mandiri Tunggu Pelunasan Utang Modern Internasional

4 days Ago

Bangkrutnya usaha 7-Eleven (sevel) ditangan PT Modern Internasional Tbk (MDRN) meninggalkan ban…

BERITA LAINNYA