Tambah PAD, Dumai-PGN Garap Proyek Gas

   •    Jumat, 14 Apr 2017 18:15 WIB
perusahaan gas negara (pgn)
Tambah PAD, Dumai-PGN Garap Proyek Gas
Ilustrasi pipa PGN. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Metrotvnews.com, Dumai, Riau: Sekretaris Daerah Kota Dumai Muhammad Nasir menyebutkan, pemerintah daerah dan Perusahaan Gas Negara (PGN) menyepakati kerja sama peluang bisnis untuk menambah pendapatan asli daerah dari pelaksanaan proyek gas.

Kerja sama dua pihak ini selanjutnya akan dilaksanakan oleh satu badan usaha perusahaan milik daerah agar bisa menggarap peluang bisnis yang dapat menambah pemasukan keuangan.

"Sudah dibuat kesepakatan bersama secara umum dengan PGN untuk menangkap peluang usaha untuk dijalankan perusahaan daerah, agar bisa berkontribusi keuangan," kata sekda dalam dialog dan sosialisasi proyek gas diadakan PGN, seperti dikutip dari Antara, Jumat 14 April 2017.

Dijelaskannya, kesepakatan bersama ini selanjutnya akan dibuat satu produk hukum daerah agar dalam pelaksanaannya sesuai dengan perundangan berlaku dan tidak bertentangan dengan peraturan.

Pemerintah Kota Dumai berharap dari kegiatan pembangunan jaringan distribusi gas bumi ini bisa membawa dampak positif bagi keuangan daerah dan perekonomian masyarakat pada umumnya.

"Pemkot berharap dengan adanya pembangunan jaringan gas industri di Dumai bisa memberikan kontribusi bagi PAD," sebutnya.

Sementara, Kepala PGN Area Pekanbaru Arif Nurachman mengharapkan kerja sama semua pihak demi lancarnya proyek jaringan gas industri ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada Juni 2018 ini.

Selanjutnya, PGN akan sosialisasi lebih intensif dan detil ke masyarakat ketika akan dilakukan pemasangan gas sektor rumah tangga, terkait pengamanan di rumah agar dipahami dengan baik cara penggunaannya.

"Nantinya gas disalurkan ke masyarakat adalah gas bumi bukan elpiji, karena lebih ringan dan jika ada kebocoran tidak menguap ke udara, sehingga kecil kemungkinan meledak," sebut Arif.

Arif beberapa waktu lalu juga mengklaim PGN siap mengganti aset daerah rusak akibat pekerjaan penanaman pipa gas di sejumlah ruas jalan dengan jaminan pelaksanaan menyiapkan dana Rp8 miliar.

PGN juga siap membayar ganti rugi lahan masyarakat terdampak proyek pemasangan pipa gas bumi Duri-Dumai sepanjang 132,8 kilometer, agar pembangunannnya berjalan lancar dan kondusif.


(AHL)