KESDM Lelang Ulang 14 Blok Migas yang Belum Laku

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 10 Jul 2018 10:16 WIB
migas
KESDM Lelang Ulang 14 Blok Migas yang Belum Laku
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melelang ulang 14 Wilayah Kerja (WK) atau blok migas yang belum laku atau mendapat tawaran. Dalam hal ini, Kementerian ESDM terus melakukan kajian agar WK tersebut bisa diminati dan kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang.

Sebenarnya, ada 26 WK yang terdiri dari 19 WK yang dilelang secara reguler dan tujuh WK yang ditawarkan langsung dan diminati dengan jangka waktu yang diperpanjang hingga 26 Juni kemarin, dan batas akhir pengembalian dokumen menjadi 3 Juli lalu.

Namun hingga batas waktu tersebut ada beberapa WK yang masuk dalam kategori lelang reguler tidak diminati investor. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto menyatakan pihaknya tengah mengevaluasi mengapa 14 WK tersebut tidak diminati investor dan berencana untuk melelang ulang.

"Tidak diminati. Nanti dilelang ulang lah. Kan baru lima yang diminati (dari 19)," kata Djoko, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 9 Juli 2018.

Terkait waktu lelang, Djoko menyatakan pihaknya akan melihat perkembangan lantaran dalam lelang reguler investor mempelajari terlebih dahulu selama tiga bulan hingga satu tahun. Apabila investor yakin maka investor akan memasukkan dokumen. Namun jka belum, investor akan mempelajari dokumen lebih lanjut.

Adapun kelima WK dilirik oleh tujuh investor yang telah memasukkan dokumen dengan nilai USD500 per dokumen. Berikut daftar 14 WK yang dilelang reguler dan belum laris terjual:

1. South CPP (Onshore Riau).
2. Nibung (Onshore Jambi).
3. Batu Gajah Dua (Onshore Jambi).
4. East Sokang (Offshore Natuna).
5. Banyumas (Onshore Jawa Tengah).
6. East Muriah(Offshore Jawa Timur).
7. North Kangean (Offshore Jawa Timur).
8. Belayan (Onshore Kalimantan Timur).
9. West Sanga-Sanga (Onshore Kalimantan Timur).
10. Suremana I (Offshore Selat Makasar).
11. Manakarra Mamuju (Offshore Sulawesi Barat).
12. Karaeng (Onshore/Offshore Sulawesi Selatan).
13. West Berau (Offshore Papua Barat).
14. Cendrawasih Bay II (Offshore Papua).

 


(ABD)