Lebaran 2018

Wamen ESDM: Cadangan Listrik di Bali Capai 46%

   •    Jumat, 08 Jun 2018 08:16 WIB
listrikpembangkit listrikplntarif listrik
Wamen ESDM: Cadangan Listrik di Bali Capai 46%
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan cadangan daya listrik di Pulau Bali cukup tinggi yakni mencapai 46 persen saat libur Lebaran 2018. Cadangan yang tinggi ini disebut dalam kondisi yang aman dengan harapan mempermudah aktivitas masyarakat di masa mendatang.

"Listrik di Bali saat libur Lebaran punya cadangan listrik sebesar 46 persen atau lebih tinggi dari rata-rata nasional sebesar 30 persen. Jadi, insyaallah aman untuk Lebaran dan bulan-bulan berikutnya," kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Jumat, 8 Juni 2018.

Menurut Arcandra beban puncak listrik di Bali yang mencapai 863 MW diperkirakan akan turun menjadi 752 MW saat libur Idulfitri. Pemerintah, lanjutnya, akan terus memantau ketersediaan stok listrik maupun Bahan Bakar Minyak (BBM) agar masyarakat dapat merayakan Lebaran dengan aman dan nyaman.

Sementara itu, Kepala PT PLN (Persero) Distribusi Bali Nyoman Astawa menambahkan, pasokan listrik di Bali berasal dari PLTU Celukan Bawang sebesar 380 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dan Gas (PLTDG) Pesanggaran 340 MW, Pusat Listrik Tenaga Gas (PLTG) Gilimanuk 130 MW, dan PLTD Pemaron 80 MW.

Ditambah, pasokan dari kabel laut interkoneksi Jawa-Bali sebesar 320 MW. "Jadi, total pasokan dari pembangkitan dan kabel laut mencapai 1.280 MW. Dengan beban puncak sebesar 863 MW, maka akan tersedia cadangan sebesar 417 MW," tuturnya.

Kelistrikan di Bali juga disuplai 16 gardu induk dengan beban trafo rata-rata di bawah 60 persen. "Jadi, masih aman apabila terjadi satu unit trafo kami mengalami gangguan," lanjutnya. Astawa juga mengatakan PLN Bali menjamin keamanan pasokan listrik pada malam takbiran hingga pelaksanaan salat Ied di seluruh Bali.

"Semua titik-titik salat Idulfitri di seluruh kota, yang menjadi pusat perayaan Lebaran di Bali akan dipantau ketersediaan pasokan listriknya," pungkasnya.

 


(ABD)


Bedah Editorial MI: Membendung Efek Turki

Bedah Editorial MI: Membendung Efek Turki

18 hours Ago

Perlambatan ekonomi Turki sebagai akibat terjerembapnya lira, mata uang mereka, hingga lebih da…

BERITA LAINNYA