PLN Tahuna Tambah Tiga Mesin Pembangkit Berdaya 3.000 Kw

   •    Minggu, 07 Jan 2018 11:45 WIB
pln
PLN Tahuna Tambah Tiga Mesin Pembangkit Berdaya 3.000 Kw
PLN. ANT/Umarul Faruq.

Sangihe: Manager PT PLN Area Tahuna, Sulawesi Utara, Hiro Pardede mengatakan bahwa PLN Tahuna segera menambah tiga mesin pembangkit dengan kekuatan 3.000 kw.

"Kami akan memasang tiga unit mesin baru dengan kekuatan 3.000 kilowatt di Tahuna," kata Hiro Pardede di Tahuna dikutip dari Antara, Minggu, 7 Januari 2018.

Dia menjelaskan bahwa penambahan tiga unit mesin baru merupakan bentuk tanggung jawab PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik untuk masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Selama ini sering terjadi pemadaman akibat defisit daya yang dihadapi PLN Tahuna," kata dia.

Pemasangan tiga unit mesin baru yang masing-masing berkekuatan 1.000 kw tersebut guna mengatasi kekurangan daya listrik di daerah itu. Dia mengatakan bahwa tiga mesin baru akan ditempatkan di Pembangkit Listruk Tenaga Diesel (PLTD) Tahuna.

"Awal Januari ini tiga mesin baru segera diipasang di PLTD Tahuna," kata dia.

Dia berharap dengan terpasangnya tiga mesin baru itu, tidak akan ada lagi pemadaman yang diakibatkan oleh ketidakmampuan mesin pembangkit.

"Kami berharap dengan beroperasinya tiga mesin baru, semua kebutuhan listrik di wilayah Kepulauan Sangihe dapat terpenuhi," kata dia.

Namun demikian, kata dia, pemadaman akibat gangguan alam pasti akan terjadi sebab jaringan untuk ke luar kota masih melewati pohon-pohon milik masyarakat.

"Pemadaman listrik akibat gangguan alam pasti tetap terjadi akibat kerusakan jaringan yang tertimpa pohon sebab jaringan ke luar kota Tahuna masih melewati pepohonan milik masyarakat," pungkas dia.


(SAW)