PLN Rogoh Rp7 Triliun Bangun Infrastruktur Kelistrikan di Papua

   •    Senin, 17 Oct 2016 16:11 WIB
plnenergi terbarukan
PLN Rogoh Rp7 Triliun Bangun Infrastruktur Kelistrikan di Papua
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jayapura: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) terus berupaya membangun infrastruktur kelistrikan di Provinsi Papua dan Papua Barat dengan nilai investasi yang dikeluarkan mencapai Rp7 triliun. Langkah ini diharapkan memberi ketersediaan listrik yang memadai.

"Kami saat ini tengah membangun pembangkit baru berkapasitas total 253 MW yang tersebar di 13 titik di Papua dan Papua Barat, transmisi sepanjang 246 KM Sirkit dan delapan Gardu Induk dengan nilai investasi Rp7 triliun," ujar Direktur Utama PLN Sofyan Basir, seperti dikutip dari Antara, di Jayapura, Senin (17/10/2016).

Ia menegaskan PLN berkomitmen untuk memperbanyak jumlah pembangkit yang menggunakan energi baru terbarukan sebagai bahan bakarnya. Menurutnya keberadaan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan di Papua dan Papua Barat merupakan bukti komitmen PLN.

"Itu merupakan komtimen PLN mendukung pemerataan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan sebagai sumber tenaga listrik hingga 23 persen pada 2025," kata dia.

Baca: 12 Golongan yang Terkena Kenaikan Tarif Listrik Adjustment

Sofyan Basir mengungkapkan kini kondisi kelistrikan di Papua dan Papua Barat mempunyai total daya mampu 294 MW, dengan beban puncak 242 MW. "Pertumbuhan beban rata-rata delapan persen tiap tahunnya, dan jumlah pelanggan sebanyak 521 ribu pelanggan," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo meresmikan enam infrastruktur kelistrikan di Provinsi Papua dan Papua Barat. Enam infrastruktur kelistrikan yang diresmikan adalah PLTA Orya Genyem (20 MW), PLTMH Prafi Manokwari (3 MW), SUTT 70 KV Genyem-Waena-Jayapura (sepanjang 174,6 km sirkit), SUTT 70 KV Holtekam-Jayapura (43,4 KM), Gardu Induk Waena-Sentani 20 MVA, dan GI Jayapura 20 MVA.

Baca: Pria Asal Bandung Kenalkan Tenaga Listrik tanpa BBM

Pada kunjungan ke Papua, Presiden melakukan beberapa kegiatan seperti peresmian proyek-proyek PLN, membagikan makanan tambahan di Kabupaten Jayapura, dan meninjau proses pembangunan Pasar Mama-Mama Papua di Kota Jayapura.

 


(ABD)