Revisi Formula Harga BBM Butuh Persetujuan Menkeu

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 12 Dec 2018 11:47 WIB
kementerian esdmharga bbm
Revisi Formula Harga BBM Butuh Persetujuan Menkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: AFP)

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengirimkan draf revisi formula harga bahan bakar minyak (BBM) penugasan ke Kementerian Keuangan.

Direktur Jenderal Migas Djoko Siswanto mengatakan dalam menentukan formula harga baru, pihaknya mesti mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan. Oleh karenanya dia mengirimkan surat draf tersebut agar bisa dipertimbangkan oleh Menteri Keuangan.

"Sedang kita kirim ke Kementerian Keuangan. Kan berdasarkan perprsenya harus dapat pertimbangan dari Menteri Keuangan," kata Djoko di Kementerian ESDM, Selasa, 11 Desember 2018.

Sebelumnya Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan akan merevisi formula BBM penugasan jenis Premium. Hal ini dikarenakan sudah tidak relevan dengan struktur biaya saat ini. Struktur biaya dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk pergerakan harga minyak dunia, serta pergerakan nilai tukar.

"Lagi dibuat formulanya, lagi direvisi. Disesuaikan dengan cost structure," kata Arcandra usai rapat bersama Pertamina di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis, 22 November 2018.

Arcandra mengatakan formula anyar nantinya bakal mencerminkan harga keekonomian yang sesungguhnya. Dia bilang PT Pertamina (Persero) akan mendapatkan formula harga yang mencerminkan biaya mendekati yang mereka keluarkan.

"Formula ini mencerminkan real cost Pertamina," ujar dia.


(AHL)