Menteri Jonan Ungkap Strategi Pemerintah Menguasai Freeport

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 19 Jul 2018 21:08 WIB
freeport
Menteri Jonan Ungkap Strategi Pemerintah Menguasai Freeport
Freeport. Dok: MI.

Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan menggelar rapat tertutup bersama Komisi VII DPR RI mengenai taktik dan strategi Pemerintah agar bisa menang dalam negosiasi kepemilikan saham PT Freeport Indonesia. Awalnya rapat kerja ini bersifat terbuka. Namun karena topik pembahasan mengerucut mengenai strategi, Jonan meminta rapat bersifat tertutup.

Jonan sebelumnya mengatakan jika penandatanganan perjanjian dalam bentuk head of agreement (HoA) antara Freeport McMoRan dan PT Inalum (Persero) yang dilakukan minggu lalu belum resmi membuat kepemilikan saham mayoritas PTFI jatuh pada pemerintah melalui Inalum. Saham mayoritas baru bisa dikuasi apabila Inalum telah menyelesaikan transaksi divestasi sebesar USD3,85 miliar atau setara Rp55 triliun.

Hal tersebut pun membuat para jajaran anggota dewan bertanya-tanya. Salah satunya Wakil Ketua Komisi VI Tamsil Linrung. Dia meminta Jonan menjelaskan apa yang akan terjadi bila transaksi tersebut ternyata tak terlaksana hingga batas akhir yang ditentukan.

"Saya kira kita bisa mendengar juga dari Pak Menteri perspektif kegagalan. Kira-kira hal-hal yang memungkinkan ini bisa enggak terealisasi," kata Tamsil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 19 Juli 2018.

Atas dasar itu Jonan meminta agar diskusi dilakukan secara tertutup bagi media. Sebab dalam dunia perang strategi dan taktik tidak boleh diketahui oleh lawan. "Kalau boleh saya minta ini diskusi terturup karena ini taktik dan strategi pemerintah dan strategi kita semua sebagai bangsa," jelas dia.


(SAW)