Geolog Freeport Minta Sengketa Freeport Tak Dibawa ke Arbitrase

Annisa ayu artanti    •    Senin, 20 Mar 2017 14:40 WIB
freeport
Geolog Freeport Minta Sengketa Freeport Tak Dibawa ke Arbitrase
Freeport Indonesia. (MI/AGUS MULYAWAN).

Metrotvnews.com, Jakarta: Geolog PT Freeport Indonesia menginginkan penyelesaian sengketa Freeport dan Pemerintah Indonesia tidak diselesaikan melalui jalur arbitrase. Sebab, jika dilakukan dengan penyelesaian tersebut operasi tambang akan terganggu.

Senior Vice President Geo Enginering PT Freeport Indonesia Wahyu Sunyoto mengatakan, Pemerintah Indonesia dan Freeport terus melakukan negosiasi. Salah satunya yang selalu dibahas adalah perubahan status Kontrak Karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). 

Sampai saat ini kedua pihak belum mencapai titik temu terkait hal tersebut. Dia berharap kedua pihak tak menempuh jalur arbitrase karena dapat mengancam produksi dan cadangan bawah tanah tambang milik PT Freeport Indonesia.

"Saya jawab sebagai geolog, harapan kami pemerintah dan  Freeport duduk bareng, harapan kami cari solusi kedepan, saya sebagai geolog tidak berharap arbitrase," kata Wahyu, dalam diskusi, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin 20 Maret 2017.

Ia menjelaskan, waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan operasi produksi cenderung lama dan kompleks. Kegiatan operasi produksi di dalam tanah juga dibarengi dengan kegiatan perawatan tambang bawah tanah. Jika kegiatan produksi terhenti maka secara otomatis perawatan juga terhenti.

Dalam hal kegiatan operasi, Wahyu menuturkan Freeport menggunakan metode caving block, yaitu membuat ruangan-ruangan di dalam tanah. Ruangan tersebut digunakan untuk mencapai cadangan bijih tembaga.

Jika kegiatan operasi dan perawatan terhenti yang ditakutkan adalah ruangan-ruangan yang telah dibuat akan menutup cadangan yang telah ditemukan. Cadangan dapat tertutup kembali jika terjadi hujan yang dapat menyebabkan dinding ruangan runtuh.

"Cadangan harus dimanfaatkan, kalau stop tambang runtuh tidak bisa ditambang lagi, ketika ada penghentian kegiatan akan jadi runtuh sehingga tidak bisa ditambang dan kehilangan cadangan," pungkas Wahyu.



(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

13 hours Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA