PLN Kebut Pembangunan 100 Menara Akhir 2016

Arif Wicaksono    •    Jumat, 25 Nov 2016 18:56 WIB
pln
PLN Kebut Pembangunan 100 Menara Akhir 2016
Direktur Bisnis PLN Regional Sumatera Barat Amir Rosidin (kedua dari kanan). (FOTO: MTVN/Arif Wicaksono)

Metrotvnews.com, Padang: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menargetkan pembangunan 373 tower (menara) pada lajur Kilinjaro hingga Payakumbuh di Padang, Sumatera Barat, akan tercapai pada akhir tahun ini. Sampai saat ini, baru 273 tower yang sudah beroperasi. Perusahaan pelat merah itu akan mengejar ketertinggalan 100 tower pada satu bulan terakhir tahun ini.

Direktur Bisnis PLN Regional Sumatera Barat Amir Rosidin menuturkan bahwa target ini akan tercapai dengan memaksimalkan 40 tim yang masing-masing tim terdiri dari 15 orang. Dengan demikian ada 600 orang yang bergerak aktif dalam pengerjaan pembangunan tower ini.

"Jadi dalam tiga minggu ke depan akan tercapai, biasanya satu tower tujuh hari tapi dengan ada tim ini secararata-rata 2,5 tower akan tercapai dalam sehari," kata dia di Sumbar, Jumat (25/11/2016).

Dia menambahkan 100 tower ini sedang menuju tahap stringing atau dalam tahap koordinasi kelistrikan dan selangkah lagi akan menuju pada tahap energizing atau pengaliran listrik.

"Membangun itu kan fondasinya sudah selesai jadi tinggal masuk ke stringing saja," jelas dia.

Dia menambahkan panjang tower ini diharapkan akan menghubungkan aliran listrik dari Aceh ke Lampung. Di beberapa tempat seperti di Sumatera Barat akan dibangun transmisi yang menjadi penghubung antara satu tower dengan tower lainnya. Panjang satu tower satu ke tower lainnya mencapai 300 meter dengan kapasitas terpasang 275 kv di setiap tower.

"Semakin tinggi tower jarak jelajahnya semakin jauh, untuk itu kami pakai kapasitas ini dengan tinggi tower setinggi 35 meter," pungkasnya.


(AHL)