Tiga BUMN Tambang Hapus Status Perseroan

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 14 Nov 2017 15:36 WIB
holding bumn
Tiga BUMN Tambang Hapus Status Perseroan
Gedung BUMN. (ANT/Wahyu Putro).

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Timah Tbk, PT Bukit Asam, dan PT Aneka Tambang Tbk (Antam akan melepas status perseroan terbatas (PT). Hal itu untuk terwujudnya holding BUMN pertambangan. Pada 29 November 2017, ketiganya akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Seperti dikutip dalam surat panggilan RUPSLB ketiga BUMN tersebut pada Selasa 14 November 2017, agenda dalam RUPSLB ketiga badan usaha tersebut sama sama membahas mengenai perubahan anggaran dasar perseroan terkait perubahan status persero menjadi non-persero.

Dalam ketiga surat panggilan itu menerangkan nantinya juga akan ada pembicaraan mengenai penyertaan modal negara (PMN) ke dalam modal saham PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) yang menjadi pemimpin dari holding BUMN pertambangan.

Ketiga perusahaan itu akan melangsungkan RUPSLB di Hotel Borobudur pada 29 November 2017. Hanya saja waktunya berbeda-beda. Untuk Antam akan dimulai pukul 09.00 WIB, Timah pukul 13.00 WIB, dan Bukit Asam pukul 15.00 WIB.

Adapun isi dari surat panggilan tiga BUMN tambang itu adalah sebagai berikut:

PT Antam
"Perubahan kepemilikan saham di perseroan sehubungan dengan Peraturan Pemerintah mengenai Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam saham perusahaan PT Inalum yang mengakibatkan status perseroan dari persero menjadi bukan persero."

PT Timah
"Persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan terkait perubahan perseroan dari persero menjadi non-persero sehingga dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam modal saham PT Inalum."

PT Bukit Asam
"1. Persetujuan perubahan anggaran dasar perseroan sehingga dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam modal saham PT Inalum.
2. Persetujuan pemecahan nilai nominal saham dengan merubah ketentuan pasal empat anggaran dasar perseroan.
3. Perubahan susunan pengurus perseroan."

 


(SAW)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA