2019, PLN Siap Menerangi Seluruh Desa di Sulteng

   •    Kamis, 09 Nov 2017 12:53 WIB
pln
2019, PLN Siap Menerangi Seluruh Desa di Sulteng
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Palu: Pemerintah menargetkan semua desa di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 2019 sudah terang atau terjangkau penerangan listrik.

"Itu target dan niscaya bisa terealisasi," kata manager PT PLN Area Palu, Emir Muhaimin, seperti dikutip dari Antara, Kamis 9 November 2017.

Ia mengatakan saat ini rasio elektrifikasi listrik di Provinsi Sulteng hingga kini baru  80an persen atau masih ada sekitar 300 desa lagi yang belum terjangkau listrik PLN. Pada 2017-2019, kata dia, PLN terus mengenjot pembangunan kelistrikan desa secara bertahap, tentu disesuaikan dengan kondisi anggaran yang dialokasikan pemerintah.

Dia mengaku setiap tahun anggaran yang disediakan pemerintah untuk program kelistrikan desa di Sulteng sangat terbatas. Namun demikian, PLN berupaya untuk menjangkau semua wilayah yang selama ini masih belum bisa dialirkan listrik.

"Berbagai hambatan yang dihadapi dalam pembangunan infrastruktur listrik di Sulteng, namun sudah menjadi komitmen perusahaan untuk menjangkau semua desa dengan penerangan listrik PLN," jelas Emir.

Salah satu hambatan dan tantangan yang dihadapi PLN dalam program kelistrikan di Provinsi Sulteng adalah harus melalui kawasan hutan lindung. Berarti, harus mendapat izin dulu dari kementerian terkait. Misalkan kalau itu harus melintasi kawasan Taman Nasional, maka harus mendapat izin dari Kementerian kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Seperti yang ada di kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) di Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi. Untuk menuju wilayah tersebut harus melalui kawasan hutan lindung. Karena itu, pembangunan jaringan listrik ke wilayah itu harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari pihak terkait dalam hal ini Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Khusus pembangunan jaringan listrik di Kecamatan Lindu sedang dalam proses.

"Kami terus melalukan kordinasi dengan semua pihak terkait dan jika sudah ada izin barulah PLN membangun jaringan listrik ke wilayah itu," kata Emir.

Kecamatan Lindu merupakan salah satu dari sejumlah wilayah di Kabupaten Sigi dan Sulteng yang selama ini belum menikmati listrik PLN seperti desa dan kecamatan lainnya yang sudah terjangkau listrik.


(AHL)