IUPK Sementara Freeport Kembali Diperpanjang 3 Bulan

Annisa ayu artanti    •    Senin, 09 Oct 2017 18:39 WIB
freeport
IUPK Sementara Freeport Kembali Diperpanjang 3 Bulan
Tambang Freeport. ANT/Puspa Perwitasari.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan memperpanjang status Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sementara PT Freeport Indonesia. 

Semula, IUPK sementara diberikan sejak 10 Februari sampai 10 Oktober 2017. Saat ini IUPK sementara diperpanjang kembali sampai tiga bulan ke depan.

"IUPK jatuh (selesai) 10 Oktober, kita akan kasih tiga bulan saja," kata Menteri ESDM, Ignasius Jonan, dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR-RI di Komplek Parlementer Senayan, Jakarta, Senin 9 Oktober 2017.

Sementara itu, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Bambang Gatot menjelaskan, syarat agar perusahaan tambang itu dapat melakukan ekspor konsentrat adalah harus mengantongi status IUPK. Oleh karena itu, pemerintah memperpanjang kembali IUPK sementara hingga tiga bulan ke depan.

"Syarat ekspor konsentrat harus IUPK. IUPK akan diperpanjang," ucap Bambang Gatot.

Lantas mengenai pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral atau smelter, Bambang melanjutkan Freeport tengah melakukan pembangunan. Penunjukan lokasi smelter pun sudah disepakati di Gresik. Saat ini kemajuan pembangunan smelter sedang dalam studi amdal.

"Penunjukkan lokasi hampir ada kepastian yaitu gresik intergtared dengan yang ada. Progres sedang studi amdal," pungkas Bambang Gatot.





(SAW)