Dubes Amerika Ingin Win-win Solution dalam Akuisisi Freeport

Dheri Agriesta    •    Rabu, 06 Dec 2017 16:25 WIB
freeport
Dubes Amerika Ingin <i>Win-win Solution</i> dalam Akuisisi Freeport
Tambang Freeport (MI/AGUS MULYAWAN).

Jakarta: Pemerintah Indonesia masih berusaha menyelesaikan negosiasi dengan PT Freeport Indonesia. Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan berkomitmen mematuhi keinginan Presiden Joko Widodo.

Donovan baru saja bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dalam pertemuan itu, Donovan mengaku menyinggung permasalahan akuisisi saham PT Freeport Indonesia.

Di hadapan Kalla, Donovan mengaku akan mengikuti keinginan Presiden Jokowi. Kedua belah pihak akan mengupayakan solusi yang saling menguntungkan.

"Kita ingin win-win solution dan tentu saja kita sudah mengarah ke arah situ," kata Donovan di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Desember 2017.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah masih terus berupaya dalam negosiasi akuisisi saham PT Freeport Indonesia. Kini, menteri terkait tengah mendiskusikan parcipation interest milik Rio Tinto, perusahaan tambang asal Inggris-Australia.

"Tentu (kita) ingin saham Indonesia lebih, tapi waktunya tentu ada tahapan," jelas Kalla.

Pemerintah akan mengusahakan negara sudah menguasai saham PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen pada tahun depan. Saat ini pemerintah tengah menyusun perjanjian akuisisi saham tersebut.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengungkapkan pemerintah sedang menyusun perjanjian akuisisi saham. Serta berdasarkan usulan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan mengakuisisi saham tersebut adalah holding BUMN pertambangan.

Seperti diketahui, selama ini Freeport Indonesia telah mendivestasikan sahamnya kepada negara sebesar 9,36 persen. Artinya ada 41,46 persen lagi saham yang harus dilepaskan. Dengan resmi terbentuknya holding BUMN pertambangan kemarin, maka PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) sebagai induk holding siap untuk mencaplok divestasi saham Freeport.


(SAW)

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

The Fed Naikkan Suku Bunga AS

1 day Ago

Federal Reserve AS atau bank sentral AS pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya pada Rabu wa…

BERITA LAINNYA