Capaian Lifting Migas 2018 Masih Positif

Ilham wibowo    •    Jumat, 04 Jan 2019 19:06 WIB
kementerian esdm
Capaian <i>Lifting</i> Migas 2018 Masih Positif
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Jakarta: Capaian lifting minyak dan gas bumi (migas) sepanjang 2018 disebut masih berada pada level yang positif. Realisasinya, 96 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memaparkan capaian rata-rata lifting migas pada 2018 sebesar 1.917 million barrel oil equivalent per day (MBOEPD). Jumlah itu sedikit lebih kecil dibanding realisasi 2017 sebesar 1.945 MBOEPD.

"Lifting minyak gas bumi capaian 96 persen dari target 2018. Kondisinya naik turun tapi produksi terus naik," ucap Jonan di ruang Sarula Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat, 4 Januari 2019.

Beragam upaya bakal dilakukan untuk mencapai realisasi target lifting migas di masa mendatang. Salah satunya, kata dia, dengan mendorong percepatan eksplorasi dan penyelesaian pengembangan wilayah kerja migas.

Saat ini, Blok Mahakam telah dikelola nasional melalui Pertamina. Jonan memastikan blok gas terbesar Indonesia yang 50 tahun lebih sebelumnya dikelola Total E&P bakal ditangani dengan baik oleh anak bangsa.

"Blok Mahakam sudah dikelola Pertamina mudah-mudahan tidak terlalu turun lagi lifting-nya. Dikelola anak negeri kualitasnya bisa sama," ungkapnya.

Tak hanya itu, monitoring proyek lapangan onstream tepat waktu juga bakal dilakukan. Kemudian, upaya lainnya didorong dengan melakukan pemeliharaan untuk meningkatkan kehandalan fasilitas produksi.

"Penerapan teknologi terkini dan tepat guna serta mengupayakan metode-metode baru untuk penemuan sumber daya dan cadangan migas," paparnya.


(AHL)


Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan
Akhiri Perang Dagang

Trump Prediksi AS-Tiongkok Capai Kesepakatan

1 day Ago

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi Amerika Serikat akan mencapai kesepakata…

BERITA LAINNYA