Pengeboran Proyek Jambaran Tiung Biru Ditargetkan 2019

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 09 Nov 2018 18:37 WIB
pertamina ep
Pengeboran Proyek Jambaran Tiung Biru Ditargetkan 2019
Ilustrasi Pertamina EP. (FOTO: dok Pertamina EP)

Jakarta: PT Pertamina EP Cepu menargetkan pengeboran dua sumur proyek unitisasi Jambaran Tiung Biru di Bojonegoro akan dimulai semester II-2019. Proyek tersebut akan menghasilkan gas bumi.

Dirut Pertamina EP Cepu Jamsaton Nababan mengatakan ada enam sumur dalam proyek produksi gas bumi tersebut. Dia mengatakan satu sumur ditargetkan menghasilkan produksi gas 60 mmscfd.

"Juli tahun depan mulai ada pengeboran," kata Jamsaton di kantor Pertamina EP Cepu, Jakarta Selatan, Jumat, 9 November 2018.

Dalam kesempatan yang sama General Manager Jambaran Tiung Biru Bob Wikan H Adibrata mengatakan progres pembangunannya secara total sudah mendekati sembilan persen hingga Oktober. Dia bilang pembangunan tersebut terdiri dari konstruksi yang masih berjalan, lalu pengadaan yang sedang berjalan.

Baca: Proyek Jambaran Tiung Biru akan Serap 6.000 Pekerja Lokal

"Jadi memang dari target sembilan sekian persen, kita total delapan sekian persen. Kita sedikit delay 0,8 persen dari target karena kita masih menyelesaikan detail engineering design," kata Bob.

Adapun dari investasi sebesar USD1,547 miliar, di mana USD948 juta digunakan untuk pembangunan fasilitas gas (gas processing facilities). Bob mengungkapkan serapan anggaran tersebut dalam progres pembangunan tersebut hampir mencapai USD140 juta atau kurang dari satu persen.

"Namun untuk pemesanan dan pembelian alat sudah mencapai ratusan juta," jelas Bob.

 


(AHL)