BPH Migas Bakal Telusuri Penurunan Premium saat Musim Mudik

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 10 Jul 2017 23:25 WIB
premium
BPH Migas Bakal Telusuri Penurunan Premium saat Musim Mudik
Illustrasi. MIIMMANUEL ANTONIUS.

Metrotvnews.com, Jakarta: BPH Migas men‎gaku, selama arus mudik dan Lebaran tahun ini distribusi BBM jenis premium mengalami penurunan. Justru penggunaan pertamax dan pertalite mengalami peningkatan distribusi selama periode tersebut.

‎Dengan adanya kejadian itu, Anggota Komite BPH Migas Ahmad Rizal bakal menelusuri ‎hal tersebut, agar dapat mengetahui latar belakang penurunan distribusi premium selama arus mudik dan Lebaran 2017.

Paling tidak, dia akan melakukan survei, terutama di daerah BBM penugasan seperti di luar Jawa, Madura, dan Bali.

baca : Kuartal I-2017, Pangsa Pasar Premium Tinggal 44%

"‎Masalah kuota penyaluran premium, jadi memang kita mendapatkan data, adanya penurunan pemakaian premium dan ada peningkatan pemakaian pertalite dan pertamax," ujar Ahmad Rizal, ‎ditemui di kantor BPH Migas, Jakarta, Senin 10 Juli 2017.

Dia mengatakan, ada beberapa hal yang membuat distribusi premium mengalami penurunan. Namun, dia enggan menyebutkan, karena harus menyurvei langsung di lapangan.

"Tapi latar belakangnya itu ada beberapa kemungkinan, karena itu kan harus kita harus cacah langsung, bagaimana kenyataannya sampai dengan saat ini," tuturnya.

Adapun faktor yang masuk akal, lanjut dia, karena kesadaran masyarakat akan pemakaian BBM berkualitas tinggi mulai meningkat. Tapi, dia juga tak memungkiri, jika minat masyarakat terhadap premium masih tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya antrian masyarakat di SPBU pada saat musim mudik dan balik kemarin.

"Untuk kuota premium itu dibagi di Jamali dan non-Jamali. Kalau untuk penugasan, kami akan cross check antara pengiriman yang dilakukan oleh depo atau Terminal BBM. Tapi, kalau yang di Jamali itu tak ada aturan kuotanya. Tapi bergantung pada badan usaha," pungkas dia.

 


(SAW)