Maksimalkan Potensi Panas Bumi, RI Siap Kalahkan Amerika di 2025

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 22 Sep 2016 08:58 WIB
energi terbarukan
Maksimalkan Potensi Panas Bumi, RI Siap Kalahkan Amerika di 2025
Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia memiliki potensi panas bumi atau geotermal terbesar dunia. Bila potensi ini dimanfaatkan secara maksimal, bukan tak mungkin Indonesia akan menjadi negara terbesar pertama yang memanfaatkan energi panas bumi menjadi energi listrik.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan, pemerintah telah menargetkan Indonesia akan menambah kapasitas sebesar 7.200 megawatt (mw) melalui energi panas bumi pada 2025. Bila target tercapai, maka Indonesia akan mengalahkan dua negara terbesar yang memanfaatkan potensi panas bumi saat ini yakni Amerika Serikat (AS) dan Filipina.

"2025 akan ada tambah 7.200 mw. Kita akan menjadi the biggest in the world. Di 2019 Filipina yang sekarang peringkat kedua akan kesusul. Sekarang kita ketiga di dunia setelah Amerika dan Filipina," kata Rida saat diskusi dengan media di Kantor Ditjen EBTKE, Jalan Cikini Raya, Jakarta, Rabu, 21 September.

Selain potensi menjadi negara terbesar panas buminya, Rida menjelaskan, Indonesia juga mempunyai satu wilayah kerja panas bumi (WKP) yang merupakan wilayah kerja terbesar di dunia. WKP tersebut adalah WKP Sarulla di Sumatera Utara. WKP ini luasnya 437.458 hektare (ha) dan memiliki kapasitas 110 mw.

"Sarulla juga akan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) terbesar di dunia," ucap Rida.

Sekadar informasi, Indonesia memiliki 40 persen potensi panas bumi dunia. Potensi tersebut tersebar di 324 titik dan 127 gunung api sepanjang jalur vulkanik aktif yakni dari Sumatera, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku yang bila dijumlahkan bisa mencapai 29 gigawatt (GW).


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA