Masyarakat Mulai Gunakan Gas Nonsubsidi

   •    Minggu, 11 Mar 2018 10:27 WIB
Masyarakat Mulai Gunakan Gas Nonsubsidi
Elpiji tabung 12 Kg. Ant/Oky Lukmansyah.

Pontianak: PT Pertamina (Persero) Wilayah Kalimantan Barat mencatat masyarakat provinsi itu secara bertahap mulai beralih dari menggunakan gas subsidi ke gas nonsubsidi.

"Hal itu, bisa dilihat dari peningkatan penjualan gas nonsubsidi di Kalbar secara umum," kata Marketing Branch Manager Pertamina Kalbarteng Teuku Johan Miftah saat dihubungi di Pontianak dikutip dari Antara, Minggu, 11 Maret 2018.

Menurut dia, berdasarkan catatan Pertamina di wilayah Provinsi Kalbar, volume penjualan gas tabung 12 kilogram pada Januari 2018, terjual sebanyal 34.850 tabung, atau meningkat jauh dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yakni sebanyak 25.912 tabung.

"Sementara untuk penjualan Bright Gas ukuran 5,5 kilogram pada Januari ini terjual 22.222 tabung atau juga meningkat jauh dibanding Januari tahun lalu yang hanya sebanyak 5.466 tabung," ungkap Johan.

Ia menambahkan, peningkatan tersebut juga tidak terlepas dari dukungan Pemkot Pontianak, misalnya dengan keluarnya Surat Edaran dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Pontianak, Nomor 510/89/DKUMP/2017 tanggal 9 Oktober 2017 tentang pengaturan penggunaan gas tiga kilogram bagi pelaku usaha.

"Sehingga saat ini, sudah banyak masyarakat yang sadar dan beralih dari sebelumnya menggunakan gas subsidi kepada gas nonsubsidi," katanya.

Sebelumnya, General Manager Marketing Opertion Region VI Made Adi Putra memberikan apresiasi kepada pengelola hotel dan restoran di Kota Pontianak dan sekitarnya yang telah berkomitmen untuk tidak lagi menggunakan gas subsidi atau gas tabung tiga kilogram.

Dia berharap hal itu bisa menjadi inspirasi bagi para pelaku usaha yang tidak termasuk ke dalam kategori usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) untuk mengikuti langkah serupa.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa memang masih ada pengusaha kuliner kelas menengah yang belum mengindahkan surat edaran larangan restoran dan hotel agar tidak menggunakan gas subsidi, fakta ini baru kami dapatkan saat melaksanakan sidak beberapa waktu yang lalu. Dan PHRI sudah bisa memulai gerakan positif ini sebagai pengingat bagi pelaku usaha lainnya," ungkap Made.
(SAW)


Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

Pengalihan Komando BP Batam Disebut Membuat Gaduh

3 hours Ago

Pengalihan komando Pengelolaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam kepa…

BERITA LAINNYA