Irak Penyumbang Produksi Migas Terbesar Pertamina Internasional EP

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 16 Sep 2016 19:13 WIB
pertamina
Irak Penyumbang Produksi Migas Terbesar Pertamina Internasional EP
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Internasional Eksplorasi Produksi (PIEP) menyatakan produksi terbesar dari blok migas di luar negeri terdapat di negara Timur Tengah yakni Irak. Irak menjadi penyumbang terbesar pencapaian produksi selama delapan bulan.

Direktur Utama PIEP, Slamet Riadhy mengatakan, kontribusi terbesar produksi dari asset luar negeri Pertamina, sebut Slamet bersumber dari Irak dengan tingkat produksi net to share 43,7 ribu barrel oil equivalent per day (boepd).

"Kesuksesan di Irak tidak lepas dari penerapan waterflood program. Program tersebut berhasil meningkatkan produksi net to share PIEP sebesar 6.090 boepd," kata Slamet dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (16/9/2016).

Slamet menyebutkan, produksi terbesar kedua berasal dari  Aljazair dengan produksi net to share sebesar 41,13 ribu boepd. Di Aljazair, Pertamina menambahkan tambahan produksi net to share sebesar 6.320 boped pasca-dilakukannya Overhaul C-431 MLN Moto Compressor di lapangan MLN.  Selain itu, GT-400 mulai started up pada 13 Agustus 2016 untuk kegiatan pergantian modul dan compressor overhaul.

Untuk produksi terbesar ketiga, lanjut Slamet, berasal dari negeri Jiran atau Malaysia yakni sebesar 35,77 ribu boepd. Kenaikan produksi di Malaysia bersumber dari lapangan South Acis, Permas, dan Blok K. Efek positif dari injeksi air dan gas berhasil memberikan tambahan produksi net to share PIEP sebesar 5.790 boepd.

"Peningkatan produksi yang signifikan terjadi dalam tiga bulan terakhir, yaitu Juni, Juli, Agustus. Rata-rata produksi hariannya mencapai di atas 125 ribu boepd, bahkan pada Agustus lalu sempat mencapai 131 ribu boepd," tutup Slamet.

Sekadar informasi total produksi lapangan migas luar negeri PIEP selama delapan bulan mencapai 120,59 ribu boepd. Pencapaian produksi ini telah melebihi dari target tahun ini sebesar 104,95 robu boepd.

Sampai dengan Agustus 2016, PIEP telah merealisasikan pengeboran satu sumur eksplorasi, 12 sumur pengembangan dan juga 76 sumur kerja ulang untuk seluruh asset. HIngga akhir tahun, pengeboran sumur pengembangan akan bertambah menjadi 16 sumur dan kerja ulang menjadi 91 sumur.


(AHL)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA