ESDM Yakin Target Rasio Elektrifikasi Tahun Ini Tercapai

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 30 Nov 2016 14:36 WIB
listrik
ESDM Yakin Target Rasio Elektrifikasi Tahun Ini Tercapai
Ilustrasi. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Suber Daya Mineral (ESDM) meyakini dapat mencapai target rasio elektrifikasi tahun ini yakni sebesar 90,5 persen.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Jarman mengatakan posisi rasio elektrifikasi per September 2016 sebesar 89,8 persen. Posisi rasio tersebut diyakininya akan terus mengalami kenaikan hingga posisi akhir ditahun 2016 yakni mencapai 90,5 persen.

"Karena kan data yang terakhir September 89,8 persen. Target akhir tahun ini 90,5 persen tercapai. Insya Allah akan tercapai," kata Jarman di Kantor Dirjen Ketenagalistrikan, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Sementara itu, lanjut Jarman, pemerintah juga akan terus meningkat rasio elektrifikasi hingga target tahun 2019 yakni 97 persen. Beberapa upaya pemerintah dilakukan untuk menggenjot kenaikan elektrifikasi tersebut. Mulai dari pembangunan pembangkit listrik, transmisi, dan gardu induk. Sampai menyiapkan payung hukum untuk mempermudah kelistrikan di daerah-daerah perbatasan.

Adapun salah satu contohnya, Jarman menambahkan, dengan dikeluarkannya payung hukum yang melegalkan swasta membangun dan menyalurkan listrik sendiri tanpa melalui jaringan PLN. 

Pemerintah berharap pada 2019, 2.500 desa di daerah terpencil yang selama ini belum terlayani listrik dapat mendapatkan pasokan listrik karena dukungan dari payung hukum itu.

"Kan kita harapkan 2019 rasio elektrifikasi kita kan 97 persen. Desa yang belum terlistriki 2.500 bisa terlayani," ujar dia.





(SAW)

Warga Kulit Hitam Gelar Demo Anti Trump

Warga Kulit Hitam Gelar Demo Anti Trump

1 day Ago

Suara sumbang kemenangan Donald Trump dalam Pilpes AS kembali terjadi. Ratusan warga kulit hita…

BERITA LAINNYA