Lemahnya Daya Beli Pengaruhi Konsumsi Listrik PLN

Arif Wicaksono    •    Sabtu, 26 Nov 2016 08:07 WIB
pln
Lemahnya Daya Beli Pengaruhi Konsumsi Listrik PLN
Direktur Bisnis PLN Regional Sumatera Barat Amir Rosidin (sedang menunjuk). (FOTO: MTVN/Arif Wicaksono)

Metrotvnews.com, Padang: Lemahnya daya beli memengaruhi konsumsi listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Padang, Sumatera Barat.

Pelanggan PLN di wilayah itu masih jauh dari target akhir tahun perusahaan. Kondisi ini berlawanan dengan tingkat kelistrikan yang mendekati target akhir tahun.

General Manager PLN Sumatera Barat Bambang Yusuf mengatakan bahwa target pelanggan PLN hingga akhir tahun mencapai 1.246 ribu pelanggan, sementara sampai saat ini baru 60 persen dari target yang tercapai.

"Target masih baru mencapai 60 persen," kata dia di Padang, Sumatera Barat, Jumat, 25 November.

Dia mengatakan bahwa pembangunan pembangkit listrik tak selamanya diserap masyarakat. Dia mencontohkan di daerah Mentawai yang sudah membangun pembangkit 100 kw dan selama ini baru memiliki lima pelanggan.

"Karena daya beli mereka tak sanggup, untuk makan saja susah," jelas dia.

Sementara rasio elektrifikasi di Sumatera Barat sudah mencapai 84,6 persen atau mendekati target akhir tahun sebanyak 86,5 persen.

Dia menambahkan, upaya pembangunan transmisi di daerah itu juga tak mudah. Berbagai masalah yang kerap dihadapi adalah menghadapi kepemilikan hak tanah ulayat dan cuaca yang menyulitkan pembangunan tranmisi.

"Karena banyak di hutan-hutan, ini yang menyulitkan kami," pungkas dia.


(AHL)