Pemerintah Rancang Permen Mekanisme Lelang Wilayah Kerja Panas Bumi

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 15 Sep 2017 20:10 WIB
panas bumi
Pemerintah Rancang Permen Mekanisme Lelang Wilayah Kerja Panas Bumi
Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana. (FOTO: MTVN/Desi Angriani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menyusun Peraturan Menteri (Permen) tentang mekanisme teknis lelang wilayah kerja panas bumi (geotermal).

Direktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, Permen yang sedang dirancang itu akan menjadi? turunan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemanfaatan Panas Bumi Tidak Langsung.

Dalam PP tertuang mekanisme lelang WKP dilakukan dalam beberapa skema, yaitu lelang dan penunjukkan langsung atau penugasan. Sedangkan, Permen akan lebih merinci tentang teknis penugasan tersebut.

"Kan yang bedanya dengan lama kan sekarang ada mekanisme penugasan, kalau lama kan tidak ada. Sekarang diatur di permen ini," kata Rida di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin Jakarta, Jumat 15 September 2017.

Rida menjelaskan, tidak ada perubahan spesifik mengenai mekanismenya. Hanya ada perubahan beberapa poin dalam proses adminsitrasi. Permen ini diharapkan akan lebih memperjelas pelaksanaan.

"Nah ini permen turunan dari PP itu. Jadi ini hanya administrasi, tidak ada perubahan spesifik," ucap dia.

Mengenai hal tersebut, Rida juga menambahkan, pihak Kementerian ESDM sudah menjelaskan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Permen tersebut ditargetkan selesai tahun ini.

‎"Kita punya target tahun ini selesai," tutup dia.

 


(AHL)