Pemerintah Evaluasi Harga BBM Nonsubsidi Tiap Bulan

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 17 Jan 2019 07:21 WIB
bbmstok bbmharga bbm
Pemerintah Evaluasi Harga BBM Nonsubsidi Tiap Bulan
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mulai mengatur harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi. Rencananya evaluasi dilakukan setiap bulan dengan melihat situasi dan kondisi terbaru, terutama pergerakan harga minyak dunia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto menjelaskan sebelumnya badan usaha hanya melaporkan saja pada Kementerian ESDM terkait perkembangan harga BBM nonsubsidi tanpa ada ketentuan waktu.

"Dulu kan enggak ada ketentuannya, cuma melapor. Ini karenanya kita mau coba evaluasi apakah dua mingguan, atau sebulanan average-nya," kata Djoko, di Jakarta, Rabu, 16 Januar 2019.

Djoko mengatakan evaluasi mulai dilakukan Februari. Dalam evaluasi tersebut bakal melihat bagaimana perkembangan harga di Januari. Nantinya akan diatur dalam Standar Operasional Prosedur Direktorat Jenderal Migas. 

Evaluasi harga akan mengikuti perkembangan harga minyak dunia. Ketentuan itu tidak hanya mengatur Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) PT Pertamina (Persero). Langkah ini diharapkan bisa menjaga stabilitas harga dan pasar minyak di Indonesia.


(ABD)


PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

PPN Avtur Indonesia Sudah Kompetitif

2 days Ago

Perlakuan pengenaan pajak pendapatan nilai (PPN) untuk avtur bagi penerbangan domestik di Indon…

BERITA LAINNYA