Teluk Wondama Minta Penambahan Kuota BBM

   •    Sabtu, 10 Nov 2018 17:01 WIB
kelangkaan bbm
Teluk Wondama Minta Penambahan Kuota BBM
Ilustrasi kelangkaan BBM. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Wasior: Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama Papua Barat mengajukan penambahan kuota bahan bakar minyak (BBM) kepada PT Pertamina (Persero). Permintaan tersebut untuk mencegah agar krisis tidak terus terulang.

Teluk Wondama sudah berdiri sebagai daerah otonom sejak tahun 2003 atau sudah berusia 15 tahun. Namun Pertamina hanya memberi jatah BBM dengan kuota distrik/kecamatan.

"Kuota kita perbulan 90 kilo liter. Ini yang membuat Wondama sering mengalami kelangkaan," ungkap Kepala Dinas Perindagkop Ekberston Karubuy di Wasior, seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 10 November 2018.

Ekber mengatakan pasokan BBM yang didatangkan dari Manokwari sudah tidak sebanding dengan kebutuhan BBM di Wondama. Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi bahkan telah melayangkan surat ke Marketing Operation Region (MOR) Pertamina Maluku-Papua.

"Kami meminta tambahan kuota menjadi kuota kabupaten. Tetapi sampai sekarang belum ada jawaban mungkin masih dalam proses," tutur Ekber.

Sebagai informasi lebih dari satu pekan terakhir Teluk Wondama mengalami krisis BBM. Semua pangkalan dan pengecer BBM tutup karena tidak ada pasokan dari Manokwari.

Krisis terjadi karena kapal angkut yang biasa membawa pasokan BBM dari Manokwari ke Wondama sedang mengalami masa pemindahan dari laut ke darat untuk perbaikan. Namun dalam kondisi tersebut kapal pengganti pun tidak disiapkan.

Untuk mengatasi krisis, Pemkab Wondama telah mendatangkan 75 ton Premium yang dibeli dari Kabupaten Nabire. Selain itu pemerintah daerah setempat telah mengirim kapal untuk mengangkut Premium bersubdisi jatah Teluk Wondama yang tertahan di Manokwari.

Agar kelangkaan BBM tidak terus berulang, Pemkab diminta mencari solusi permanen misalnya dengan membeli kapal tangker sendiri. Sehingga tidak perlu lagi bergantung pada pihak swasta.

"Lebih baik Pemda beli kapal sendiri supaya tidak terjadi masalah seperti yang kita hadapi sekarang. Kapal itu juga bisa hasilkan PAD karena bisa disewakan ke swasta," cetus Laode Filu, seorang pemilik pangkalan BBM di daerah tersebut. 



(SCI)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA