PLN Mataram Selesaikan 12.000 Pemasangan Listrik per Bulan

   •    Selasa, 14 Nov 2017 14:02 WIB
listrikpembangkit listrikplntarif listrik
PLN Mataram Selesaikan 12.000 Pemasangan Listrik per Bulan
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Ekho Ardiyanto)

Mataram: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) mencatat mampu menyelesaikan pemasangan pelanggan baru sebanyak 12 ribu unit per bulan. Kondisi itu bisa tercapai karena adanya dukungan infrastruktur jaringan yang sudah memadai.

"Sejak tiga bulan terakhir kami mampu memasang sebanyak itu. Kalau sebelumnya hanya sekitar 7.000 unit kwh," kata Kepala PLN Area Mataram Chaidar Syaifullah, di Mataram, seperti dikutip dari Antara, Selasa 14 November 2017.

Ia menyebutkan sebagian besar pelanggan baru berasal dari pengembang perumahan, terutama rumah bersubsidi yang dibangun di Kabupaten Lombok Barat dan sekitarnya. Pemasangan listrik bagi pelanggan baru diperkirakan akan terus meningkat hingga akhir 2017.

Pasalnya, masih ada beberapa perumahan komersial dan bersubsidi di Pulau Lombok, yang belum rampung pembangunannya. Begitu juga calon pelanggan dari kalangan dunia industri di lima kabupaten/kota di Pulau Lombok yang menjadi wilayah kerja PLN Area Mataram.

"Potensi pelanggan baru masih relatif banyak hingga akhir tahun ini. Kami siap untuk melayani," ujarnya.

Menurut Chaidar, meningkatnya kemampuan pemasangan listrik bagi pelanggan baru sebagai dampak dari kapasitas daya terpasang pada sistem kelistrikan Lombok yang sudah berlebih, di samping infrastruktur jaringan listrik yang sudah terpasang.

Kapasitas daya terpasang di sistem kelistrikan Lombok saat ini mencapai 294 megawatt (MW), sedangkan beban puncak pada malam hari mencapai 225 MW, sehingga ada kelebihan daya listrik yang dihasilkan sebesar 69 MW.

Sistem kelistrikan Lombok akan mendapat tambahan daya 150 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Lombok Peaker yang dibangun di Kota Mataram. Proyek pembangunan PLTMG yang berlokasi di Kelurahan Tanjung Karang itu sudah dimulai dengan menelan dana investasi sebesar Rp1,6 triliun.

 


(ABD)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA