Penuhi Capacity Factor

Tahun Depan PLN Naikkan Target Serapan Batu Bara

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 14 Nov 2017 09:15 WIB
listrikbatu barapln
Tahun Depan PLN Naikkan Target Serapan Batu Bara
Kantor PLN (FOTO ANTARA/Prasetyo Utomo)

Jakarta: PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) memproyeksikan penyerapan batu bara untuk 2018 akan lebih besar dari tahun ini. Sampai November 2017 serapan batu bara untuk keliatrikan yakni pembangkit milik PLN dan pembangkit milik produsen swasta (Independent Power Producer/IPP) sebanyak 76 juta ton.

Direktur Perencanaan Strategis II PLN Supangkat Iwan Santoso berharap tahun depan serapan batu bara mencapai 90 juta ton. "Proyeksi 90 juta ton. Kira-kira 90 juta," kata Iwan, di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin malam 13 November 2017.

Iwan menyebut, tahun ini serapan batu bara mengalami peningkatan sebesar 3,5 persen dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 70 juta ton. Peningkatan ini disebabkan karena permintaan yang mengalami peningkatan.

"Naik. Kira-kira sampai sekarang 3,5 persen. Kenaikan permintaan konsumsi. Tapi sampai akhir tahun kita tidak tahu ya. Nanti. (tahun ini) batu baranya kira-kira 76 juta. Tahun lalu 70 juta," jelas dia.

Lalu untuk proyeksi tahun depan, Iwan mengungkapkan, memang diproyeksikan bakal terjadi peningkatan serapan batu bara yang siginifikan. Hal itu karena untuk memenuhi capacity factor pembangkit-pembangkit yang ada.

"Pembangkit baru yang capacity faktornya rendah maka nanti akan naik. Konsumsi batu baranya naik. Karena yang batu yang masuk tahun depan di Jawa tidak ada. Sumatera yang baru juga tidak ada di tahun depan. Jadi hanya menaikkan capacity factor," tutup dia.

 


(ABD)

Pemerintah Masih Godok Pembentukan <i>Holding</i> BUMN Jasa Keuangan

Pemerintah Masih Godok Pembentukan Holding BUMN Jasa Keuangan

4 hours Ago

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menggodok pembentukan holding BUMN di sektor …

BERITA LAINNYA