Beli LPG dan Crude dari UEA, Pemerintah Berharap Harga Lebih Murah

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 18 May 2017 18:02 WIB
indonesia-uea
Beli LPG dan <i>Crude</i> dari UEA, Pemerintah Berharap Harga Lebih Murah
Kerjasama Indonesia dan UE. MTVN/Ayu.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah berharap melalui pembelian langsung elpiji dan minyak mentah (crude oil) dari Uni Emirat Arab (UEA) harganya akan lebih murah.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan telah melakukan penandatanganan kerja sama pembelian elpiji dan crude oil tanpa perantara dengan national oil company (NOC) UEA yakni Abu Dhabi National Oil Company (ADNOC ). Kerja sama ini akan memangkas biaya yang selama ini dikeluarkan melalui pihak ketiga. ‎

"Transaksi pembelian langsung LPG dan minyak mentah dari ADNOC ke Pertamina langsung, tidak melalui pihak ke tiga," kata Jonan, dalam konferensi pers di Kantor Kemenrerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis 18 Mei 2017.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja mengatakan, pembelian elpiji dan crude oil ini akan dilakukan langsung secara business to business antara PT Pertamina (Persero) dengan ADNOC.

"Kita berharap karena ini direct kan. Berharap bisa lebih murah NOC ke NOC kan," kata Wirat.

Nantinya, Pertamina dan ADNOC akan berdiskusi langsung mengenai jumlah dan waktu pembelian produk itu akan dilakukan. Jadi, sejauh ini pemerintah memfasilitasi kedua perusahaan tersebut untuk bekerja sama.


(SAW)