Menteri ESDM Wajibkan SPBU Asing Sediakan Pengisian Gas

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 13 Apr 2017 18:16 WIB
spbu
Menteri ESDM Wajibkan SPBU Asing Sediakan Pengisian Gas
Ilustrasi BBM. (FOTO: MTVN/Rakhmat Riyandi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mewajibkan semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Umum (SPBU) untuk memiliki tangki atau dispenser gas. Kewajiban ini termasuk akan berlaku juga bagi SPBU asing yang beroperasi di Indonesia.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, peraturan ini akan dalam waktu dekat diluncurkan. Kewajiban ini, kata dia, merupakan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokow) yang menginginkan adanya penambahan jumlah SPBG untuk mendorong penggunaan Bahan Bakar Gas (BBG) di Indonesia.

"Semua berkewajiban (termasuk SPBU asing). Pemerintah sudah berusaha bertahun-tahun untuk meningkatkan jumlah SPBG. Tapi kan enggak berhasil. Faktanya juga enggak banyak. Kalau dihitung enggak ada kan 200 SPBG," ujar dia di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 13 April 2017.

Baca: BBM Satu Harga Tak Berlaku untuk SPBU Asing

Dirinya menambahkan, ketersediaan dispenser atau nossel untuk gas akan memudahkan masyarakat dalam menggunakan BBG. Apalagi emisi daripada gas lebih rendah daripada Bahan Bakar Minyak (BBM) serta biaya yang diperlukan lebih rendah.

Meski begitu, Jonan tidak akan langsung menerapkan kewajiban ini di seluruh daerah. Sebagai permulaan, aturan ini akan diwajibkan di Jakarta untuk selanjutnya bisa diperluas ke daerah lain secara bertahap.

Baca: SPBU Asing Menjamur Jika Premium Dihapuskan, Pertamina: Siapa Takut!

"Ini gradualing. Misalnya DKI Jakarta dalam waktu enam bulan, nanti misalnya Jabodetabek sembilan bulan, Jawa Barat misal 12 bulan atau Jawa-Bali misal 12 bulan, Sumatera 16 bulan. Ini lagi di list, ini pada akhirnya semua SPBU akan punya satu nossel," jelas dia.

Selain itu, Jonan menyebut jika harga jual BBG akan lebih murah hingga Rp1.000 per liter dari harga jual premium. Dengan begitu diharapkan masyarakat bisa mulai beralih untuk menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan dan murah secara biaya.


(AHL)


Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

Merpati akan Lunasi Utang Usai Maskapai Beroperasi

1 day Ago

Merpati Nusantara Airlines berjanji akan melunasi utang dan pesangon mantan karyawannya. Janji …

BERITA LAINNYA