Wacana Satu Harga Elpiji Dinilai Tepat

Anggitondi Martaon    •    Jumat, 25 Nov 2016 14:43 WIB
berita dprlpg satu harga
Wacana Satu Harga Elpiji Dinilai Tepat
(Foto:Antara/Yulius Satria Wijaya)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi menyambut baik rencana pemerintah menerapkan kebijakan satu harga elpiji 3 kilogram di seluruh Indonesia.

"Kebijakan elpiji satu harga bagi yang berhak memeroleh subsidi di seluruh Indonesia, adalah kebijakan yang tepat," kata Kurtubi kepada Metrotvnews.com, Jumat (25/11/2016).

Kurtubi mengingatkan, negara harus hadir untuk memastikan bahwa rakyat yang kurang mampu bisa memeroleh elpiji, khususnya masyarakat kurang mampu dan usaha kecil.

Kebijakan ini dinilai memberikan rasa keadilan di Indonesia bagian tengah dan timur. Kesenjangan harga yang selama ini dialami oleh masyarakat di daerah mulai bisa teratasi.

"Terutama untuk daerah-daerah bagian tengah dan timur Indonesia yang terpencil. Mereka akan bisa memperoleh elpiji dengan harga yang sama dengan rakyat di bagian barat (Jawa, Sumatera, dan sebagainya)," ujar Kurtubi.

Pemerintah akan menerapkan elpiji satu harga di seluruh Indonesia. Namun, elpiji satu harga tersebut hanya akan diterapkan untuk pembelian subsidi 3 kilogram dengan menggunakan kartu.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) IGN Wiratmaja Puja mengatakan, saat ini rencana elpiji satu harga sedang dibahas oleh pemerintah. Ia berharap bisa terlaksana secepatnya.‎

"Sedang dibahas. Karena dengan sistem ini berjalan, satu harga semua untuk yang mendapat subsidi," kata Wiratmaja, dalam diskusi energi kita di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Kamis, 24 November 2016.


(ROS)