Pemerintah Tegaskan Tidak akan Ekspor Energi Kecuali Gas

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 20 Sep 2016 14:33 WIB
gas
Pemerintah Tegaskan Tidak akan Ekspor Energi Kecuali Gas
Plt Menteri ESDM Luhut B Panjaitan (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berjanji tidak akan mengekspor energi yang berasal dari bumi pertiwi kecuali gas. Hal itu lantaran energi yang ada sekarang ini akan diproses di dalam negeri.

Dalam hal ini, Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM Luhut Binsar Panjaitan melarang ekspor energi kecuali gas. Sedangkan ekspor gas dilakukan dengan catatan di ekspor ke negara yang sudah melakukan kontrak kerja sama sebelumnya.

"Energi kita tidak akan ekspor lagi kecuali negara yang sudah komit. Kita akan proses di dalam negeri. Karena diproses di dalam negeri itu akan meningkatkan nilai tambah," tegas Luhut, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Salah satunya adalah gas yang ada di lapangan migas Natuna. Luhut secara tegas meminta agar sebisa mungkin gas yang berasal dari Natuna dialirkan untuk memenuhi kebutuhan listrik di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Tidak hanya itu, gas tersebut akan dialiri untuk industri petrochemical.

"Kita akan menggunakan gas-gas seperti dari Natuna, kita akan bawa ke Jawa, Sumatera, Kalimantan sampai jadi petrochemical," ujar Luhut.

Untuk memperkuat industri dalam negeri yang menggunakan gas sebagai bahan bakunya, lanjut Luhut, Kementerian ESDM tengah membicarakan hal itu bersama dengan Kementerian Keuangan guna mengurangi persentase bagian negara di sektor hulu supaya industri hilir dapat merasakan harga gas yang murah.

"Sekarang kami lagi meng-exercise biaya dari gas dari well head itu. sedang kita bicara dengan Ibu Sri Mulyani berapa persen yang kita kurangi," pungkas Luhut.


(ABD)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

Pascareshuffle Mau Apa? (4)

1 month Ago

Republik Sentilan Sentilun malam ini bertema "Pascareshuffle Mau Apa?" menghadirkan A…

BERITA LAINNYA