Indonesia-UEA Buka Peluang Kelola Ladang Minyak

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 18 May 2017 19:17 WIB
indonesia-uea
Indonesia-UEA Buka Peluang Kelola Ladang Minyak
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja. (FOTO: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka peluang kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dengan perusahaan minyak asal Uni Emirat Arab (UEA) untuk mengelola ladang minyak.

Usai pertemuan dengan pemerintah UEA, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja mengatakan ada perusahaan minyak nasional (national oil company/NOC) asal UEA yang sudah berniat untuk mengelola ladang minyak di Indonesia. Terutama ladang minyak terminasi dan ditugaskan kepada Pertamina.

"Mereka ingin ikut di ladang Pertamina yang ada di Indonesia termasuk yang mau habis," kata Wirat, di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis 18  Mei 2017.

Wirat menjelaskan pemerintah membuka peluang untuk hal tersebut. Namun, ia berharap tidak hanya perusahaan minyak UEA yang bisa mengelola ladang minyak di Indonesia tetapi Pertamina juga bisa melebarkan sayapnya untuk mengelola ladang migas yang berada di Timur Tengah.

"Pertamina juga mau masuk ke ladang mereka yang mau habis di sana. Kalau bisa saling tukar," ungkap Wirat.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan menambahkan, terkait dengan rencana kerja sama pengelolaan ladang migas kedepannya dapat dibicarakan secara business to business antara Pertamina dan NOC UEA. Saat ini pemerintah sebagai fasilitator pembuka jalan kerja sama kedua negara.

"Kalau di bidang migas mereka berminat patungan dengan Pertamina untuk wilayah kerja-wilayah kerja yang baru ditugaskan pemerintah ke Pertamina. Ada 10 wilayah kerja. Selanjutnya di level business to business saja, mudah-mudahan bisa jalan," pungkas Jonan.


(AHL)