Sudirman Said Ucapkan Selamat ke Ignasius Jonan

Annisa ayu artanti    •    Senin, 17 Oct 2016 16:15 WIB
kementerian esdm
Sudirman Said Ucapkan Selamat ke Ignasius Jonan
Menteri ESDM Sudirman Said. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari).

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyatakan banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Menteri dan Wakil Menteri ESDM yang baru dilantik.

Sudirman mengucapkan selamat atas ditunjuknya Menteri ESDM Ignasius Jonan. Ia yakin Jonan dapat memimpin ESDM dengan baik dan menyelesaikan pekerjaan rumah tersebut.

"Tentu diucapkan selamat ya kepada Pak Jonan, Pak Jonan pemimpin yang baik, Insya Allah, pekerjaan rumah besar itu bisa diselesaikan," kata Sudirman saat menghadiri serah terima jabatan di Kantor Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Sudirman menjelaskan, yang harus dilaksanakan oleh seorang menteri ESDM adalah menjaga stabilitas energi yang ada. Termasuk juga stabilitas kepada pelaku industri yakni dengan memberikan kepastian investasi. Apalagi untuk perusahaan-perusahaan yang memiliki kontrak panjang (longterm).

"Pak Jonan sebagai menteri definitif bisa memberikan pesan stabilitas kepada pelaku industri sehingga ada kepastian sehingga seluruh persiapan investasi yang selama ini tertunda bisa dijalankan," ucap Sudirman.

Sebelumnya, Mantan Direktur Utama Pindad itu pernah menuturkan, supaya menteri definitif dapat mengakhiri ketidakpastian-ketidakpastian disektor energi strategis ini. Hal itu dikatakannya lantaran ia sudah paham sejarah panjang kementerian ini memiliki heroik yang luar biasa.

"Saya sangat mengharapkan segera diakhiri ketidakpastian, hal-hal yang tidak pasti segera diputuskan, dan kita mengingat dari sejarahnya begitu panjang, heroiknya luar biasa," kata Sudirman saat Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-71.

Mengutik apa yang dikatakan Bung Hatta, Sudirman melanjutkan ia sangat menginginkan pengganti dirinya adalah seorang yang kompeten, jujur, dan berintegritas.

"Kita berharap hadir pemimpin yang punya nilai kejujuran, yang kompeten, menjaga integritas karena sektor ini betul-betul butuh itu. Saya ingin mengingatkan ungkapannya Bung Hatta kalau kurang cerdas bisa diatas dengan belajar, kurang pengalaman bisa dilatih tapi kalau kurang jujur sudah tidak bisa diapa-apakan," ucap Sudirman.


(SAW)