2019, Realisasi BBM Satu Harga Tersisa 39 Titik

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 31 Jan 2019 06:33 WIB
bph migasbbm satu harga
2019, Realisasi BBM Satu Harga Tersisa 39 Titik
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Jakarta: Pemerintah menargetkan program Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga di 2019 dapat menjangkau 170 titik atau lokasi di seluruh Indonesia. Target ini diharapkan bisa terealisasi secara maksimal dalam rangka pemerataan dan keadilan ekonomi yang merupakan program dari pemerintah.

Direktur BBM Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Patuan Alfon Simanjuntak mengatakan target awal penerapan BBM satu harga sebelumnya menjangkau 160 titik. Namun kemudian ditambah 10 titik lagi oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

"Ditambahkan 10 sehingga the end of 2019 jadi 170 BBM satu harga," kata Alfon, ditemui di Menara 165, TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu, 30 Januari 2019.

Alfon mengatakan hingga tahun lalu target penerapan BBM satu harga yang ditetapkan yakni menjangkau 130 titik lokasi. Namun pada realisasinya melebihi target yakni 131 lokasi. Dengan adanya realisasi hingga tahun lalu, maka target titik BBM satu harga yang mesti dikebut di tahun ini tersisa 39 lokasi.

Ia menambahkan salah satu tantangan terbesar dalam penerapan BBM satu harga ialah perizinan oleh pemerintah daerah. Maka dari itu, lanjut Alfon, Menteri ESDM telah berkirim surat pada Menteri Dalam Negeri serta kepala daerah untuk membatu mempercepat perizinan tersebut.


(ABD)