Usai Gempa dan Tsunami di Palu

Pertamina Permudah Penjualan BBM via Kaleng Kemasan

   •    Sabtu, 06 Oct 2018 12:35 WIB
pertaminaGempa Donggala
Pertamina Permudah Penjualan BBM via Kaleng Kemasan
Pertamina jual BBM via kaleng kemasan (Foto: Pertamina)

Palu: PT Pertamina (Persero) melakukan berbagai upaya mempercepat layanan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada masyarakat Sulawesi Tengah (Sulteng), usai gempa bumi dan tsunami. Di antara langkah yang dilakukan adalah menurunkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak Umum (SPBU) Portabel yang digerakkan dengan sistem manual pompa engkol.

Langkah lainnya yakni hari ini dimulai pelayanan penjualan BBM yang telah diukur dan ditempatkan dalam kaleng kemasan ataupun jerigen. Bahan bakar tersebut dijual isinya saja, namun takarannya telah diukur terlebih dahulu dan dimasukkan ke dalam kemasan ukuran lima liter, 10 liter, dan 200 liter.

Adapun jenis BBM yang dijual dengan kemasan tersebut yakni Bahan Bakar Khusus (BBK) seperti pertalite dan pertamax, dan sudah tersedia di SPBU Jalan Imam Bonjol, Palu. Sistem ini diharapkan bisa mempermudah masyarakat di Sulteng mendapatkan BBM dengan lebih mudah.

Direktur Pemasaran Retail Mas'ud Khamid menyatakan penjualan dengan sistem ini mengadopsi cara yang dilakukan Pertamina saat arus mudik Lebaran, yakni menjual BBM dalam kemasan. Langkah ini terbukti dapat mempercepat layanan penjualan BBM di titik kemacetan atau lokasi yang jauh dari jangkauan SPBU.

Mas'ud menambahkan untuk tahap awal dengan sarana fasilitas yang ada, Pertamina telah menyiapkan kaleng kemasan lima liter sebanyak 43 buah, jerigen plastik ukuran lima liter sebanyak 100 buah, jerigen plastik ukuran 10 liter sebanyak 144 buah, dan drum ukuran 200 liter sebanyak 25 buah.

"Kami melakukan upaya maksimal sebagaimana arahan pemerintah dalam mempercepat layanan penjualan BBM ke masyarakat, dengan tetap memperhatikan aspek keamanan karena BBM merupakan barang yang mudah terbakar," katanya, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu, 6 Oktober 2018.

"Kami juga terus berupaya mendatangkan kaleng kemasan dan jerigen yang lebih banyak lagi, sehingga bisa mempercepat layanan di SPBU," tambahnya.

Untuk tahap awal BBM yang dijual dalam kemasan yakni jenis pertalite yang permintaannya sangat tinggi untuk keperluan mobilitas masyarakat dan bahan bakar genset. Selain BBM dalam kemasan, Pertamina juga telah mengoperasikan Mobil Tangki Dispenser yang dilengkapi dengan meteran sehingga bisa langsung mengisikan BBM ke kendaraan.

Mobil Tangki Dispenser dikirim dari beberapa daerah, salah satu yang sudah tiba di Palu yakni Mobil Tangki Dispenser berkapasitas 16 ribu liter yang didatangkan dari Surabaya, Jawa Timur.


(ABD)


Pameran Seni Kontemporer Art Bali

Pameran Seni Kontemporer Art Bali

1 hour Ago

Pameran seni rupa kontemporer Art Bali menjadi salah satu venue yang menarik perhatian delegasi…

BERITA LAINNYA