ConocoPhillips Pasok Gas ke PGN 37 BBTUD

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 17 May 2017 15:46 WIB
perusahaan gas negara (pgn)
ConocoPhillips Pasok Gas ke PGN 37 BBTUD
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Eric Ireng)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT PGN (Persero) Tbk (PGAS) menandatangani Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan Connocophilips Ltd. Rencananya, gas tersebut akan dialirkan PGN ke wilayah Dumai, Sumatera.

"Penandatanganan ini merupakan bentuk dukungan pemerintah dan industri hulu kepada PGN untuk terus memperluas pemanfaatan gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan di dalam negeri," kata Direktur Utama PGN Jobi Triananda Hasjim, dalam acara IPA Convex ke-41, JCC, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Jobi menjelaskan, dalam perjanjian tersebut, ConocoPhillips akan memasok gas sebesar 37 BBTUD yang mengalir pada 2018-2023. Produksi gas dari ConocoPhillips akan diteruskan PGN ke masyarakat melalui jaringan pipa distribusi gas di wilayah Dumai.

Saat ini PGN sedang menyelesaikan pengerjaan proyek pipa gas distribusi Duri sepanjang 137 kilometer (km). Proyek tersebut diperkirakan selesai pada 2018.

Baca: Berpotensi Tambah Pendapatan Negara, Enam Kesepakatan PJBG Diteken

Selain proyek pipa distribusi, PGN juga sedang mengerjakan proyek pipa transmisi Duri-Dumai sepanjang 67 km. Proyek pipa transmisi ini dikerjakan bersama-sama dengan PT Pertamina (Persero) berdasarkan penugasan dari pemerintah.

"Selain Duri-Dumai, PGN sedang membangun infrasturktur pipa gas di Riau, Jawa Barat, Jawa Timur dan beberapa daerah lainnya," ujar Jobi.

Seperti diketahui, PGN saat ini telah membangun dan mengoperasikan lebih dari 7.200 km jaringan pipa gas bumi. Ini setara dengan 80 persen pipa gas bumi hilir seluruh Indonesia.

Adapun dari infrastruktur gas bumi tersebut, PGN langsung menyalurkan gas bumi secara langsung ke pelanggan domestik.


(AHL)